Sakit GERD/istimewa
Health

7 Makanan yang Harus Dimakan dan Dipantang untuk Cegah Asam Lambung Naik

Intan Riskina Ichsan
Jumat, 25 Februari 2022 - 20:34
Bagikan

1. Kentang goreng

Makanan cepat saji favorit ini bisa berakibat buruk jika Anda mengalami asam lambung. Berlemak tinggi yang dapat memicu asam lambung Anda dalam dua cara. Pertama, mereka dapat menurunkan tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah Anda, sehingga cenderung tidak berfungsi dengan baik. Kedua, memiliki makanan yang mengandung lemak di perut Anda berarti perut Anda akan kosong lebih lambat, meningkatkan kemungkinan asamnya keluar ke kerongkongan Anda.

2. Kopi

Faktanya, profesional perawatan kesehatan akan sering menyarankan pasien mereka untuk mengurangi berapa banyak kopi yang mereka konsumsi (atau berhenti sama sekali) jika mereka berurusan dengan asam lambung kronis atau GERD. Kafein dalam kopi diyakini memperburuk gejala GERD pada beberapa orang.

3.  Soda

Alasan mengapa soda dapat memperburuk asam lambung Anda tampaknya sederhana. Banyak soda mengandung kafein dan meskipun tidak ada bukti ilmiah yang mendukung gagasan bahwa kafein dapat memicu asam lambung, cukup banyak orang telah melaporkan kafein sebagai faktor yang berkontribusi terhadap mulas dan gejala lain.

4. Bir

Bir harus dihindari karena minuman berkarbonasi dapat memicu gejala asam lambung. Seperti yang dicatat oleh Healthline, alkohol saja dapat menyebabkan asam lambung Anda karena dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah dan meningkatkan asam di perut Anda.

5. Cokelat

Selain fakta bahwa cokelat adalah makanan berkafein, cokelat juga tinggi lemak, yang berarti ketika Anda makan cokelat, perut Anda lebih lambat mengosongkan dan sfingter esofagus bagian bawah (LES) Anda mungkin tidak berfungsi dengan baik, membuat asam lambung lebih mungkin terjadi.

6. Produk susu

Banyaknya lemak dalam susu Anda dapat membuat perbedaan besar dalam hal asam lambung Anda. Ingat, semakin tinggi lemak dalam apa yang Anda makan, semakin lambat perut Anda terkuras, semakin tidak efektif fungsi sfingter esofagus bagian bawah Anda, dan semakin besar kemungkinan asam lambung Anda akan naik kembali ke kerongkongan Anda.

7.  Tomat

Tomat secara teknis adalah buah tetapi juga dianggap sayuran karena kandungan nutrisinya. Tomat seperti buah asam lainnya, termasuk nanas dan jeruk, dapat memperburuk asam lambung Anda. Ingat, aturan praktisnya adalah semakin tinggi keasaman dalam makanan, semakin besar kemungkinan itu akan memicu gejala asam lambung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro