Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Pola Makan yang Baik untuk Penderita Hipertensi

Simak 6 pola makan yang baik untuk penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 03 Maret 2022  |  20:19 WIB
Ilustrasi rencana diet untuk penderita hipertensi -  Freepik
Ilustrasi rencana diet untuk penderita hipertensi - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA – Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit yang berasal dari turunan keluarga dan gaya hidup. Berikut 6 pola makan yang baik untuk penderita hipertensi.

Tekanan darah tinggi yang sering disebut dengan julukan “the silent killer”, merupakan penyakit yang bisa berasal dari turunan keluarga.

Maksudnya, mengetahui bahwa orang tua, paman, bibi, atau anggota keluarga Anda yang lain menderita hipertensi, Anda tahu bahwa Anda mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk mengembangkan tekanan darah tinggi juga.

Namun, bukan tentang genetik saja, pola kehidupan dalam keluarga, seperti makanan, minuman dan olahraga juga menjadi penyebab dari adanya penyakit hipertensi. Salah satu untuk mengubah silsilah kesehatan agar terbebas dari hipertensi yakni dengan hidup sehat dan memakan makanan yang bergizi.

Sebuah studi di Circulation, jurnal American Heart Association, menetapkan bahwa modifikasi gaya hidup merupakan alat yang ampuh untuk menghindari hipertensi bahkan pada orang-orang dalam kelompok risiko genetik tinggi.

Dilansir dari Eat This! pada Rabu (2/3/22) terdapat beberapa makanan yang cocok dikonsumsi untuk orang yang memiliki riwayat hipertensi.

6 Pola Makan yang Baik untuk Penderita Hipertensi

1. Makan makanan segar, bukan fast food

Dengan melakukannya secara teratur, Anda secara otomatis akan mengurangi jumlah garam dalam makanan Anda. Dan natrium memiliki dampak besar pada tekanan darah Anda.

Ketika Anda makan terlalu banyak garam, lebih sulit bagi ginjal Anda untuk mengeluarkan air dari tubuh Anda. Cairan menumpuk dan meningkatkan tekanan darah Anda.

Su-Nui Escobar, seorang ahli gizi mengatakan membiasakan 4 langkah berikut dapat secara signifikan meningkatkan kesehatan jantung Anda:

• Cicipi makanan Anda sebelum menggunakan pengocok garam. Anda mungkin akan menemukan makanannya enak tanpa tambahan garam

• Batasi jumlah makanan cepat saji (fast food) yang Anda makan

• Secara signifikan mengurangi asupan makanan siap saji, seperti makanan olahan dan makan malam beku, yang sarat dengan natrium

• Pilih makanan segar daripada makanan beku dan kalengan. Bahkan sayuran kalengan mengandung banyak sodium sebagai pengawet. Bilas dengan air sebelum makan.

2. Makan lebih sedikit lemak jenuh

Nasihat ini berlaku untuk semua orang tetapi terutama untuk orang-orang dengan riwayat keluarga tekanan darah tinggi. Batasi konsumsi daging, potong lemak dari semua potongan daging, pilih produk susu rendah lemak,

Secara signifikan, cobalah untuk meningkatkan jumlah buah, sayuran, dan serat yang Anda konsumsi setiap hari.

"Makanan tinggi lemak jenuh menciptakan badai masalah yang sempurna bagi kesehatan jantung, menyumbat arteri, meningkatkan kolesterol jahat (LDL), dan berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi,” ucap ahli gizi terdaftar Rebecca Schilling. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hipertensi tips sehat pola makan
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Terpopuler

Banner E-paper
To top