Kentang adalah makanan yang tidak boleh dimasukkan ke dalam kulkas
Health

8 Makanan yang Tidak Boleh Masuk Kulkas

Anshary Madya Sukma
Rabu, 16 Maret 2022 - 15:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Memasukan makanan ke dalam kulkas akan dapat memperpanjang kesegaran dari suatu makanan juga memperlambat pertumbuhan dari bakteri.

Namun, ada juga makanan yang yang dimasukan ke dalam kulkas akan menjadi lebih buruk. Berikut 9 makanan yang tidak perlu dimasukan ke dalam kulkas yang dilansir lifehacker.com pada Rabu (16/3/2022).

1. Tomat

Saat memasukan tomat ke dalam kulkas maka itu akan mengurangi aktivitas dari gen tomat. Menurut situs newscientist.com, beberapa dari gen ini akan akan menghasilkan enzim yang akan mensintesis kan bahan kimia yang mudah menguap dan reaksi ini akan membuat tomat terasa lebih manis.

Tomat juga mengandung enzim yang bereaksi buruk terhadap suhu dingin yang membuat membran selnya menjadi rusak yang membuatnya menjadi lembek.

2. Kentang

Kentang akan lebih baik disimpan pada lingkungan yang sejuk, kering dan gelap. Kentang ini memiliki banyak pati yang akan berubah menjadi gula jika dalam suhu dingin kulkas juga akan membuat kentang menjadi berwarna lebih gelap dan rasa manis yang aneh.

Menurut The Kitchen, hal ini akan berkaitan dengan kanker dalam penelitian yang berbeda. Lalu kelembaban kulkas juga mempengaruhi tekstur seperti berpasir, jadi sebaiknya kentang disimpan di dapur yang dingin

3. Bawang Putih dan Bawang Bombay

Bawang putih dan bawang Bombay akan bertahan lebih seminggu jika disimpan dilemari jika sudah dicincang maupun diiris, akan tetapi menyimpang bawang yang belum dikupas akan menyebabkan penyerapan kelembaban lebih cepat dan membuatnya menjadi lembek.

Lalu karena suhu dingin kulkas akan mengubah patinya menjadi gula.

Tips untuk menyimpan bawang agar lebih renyah dan beraroma adalah simpan di meja atau di dapur, jauhkan dari cahaya langsung, dan pisahkan dari kentang, alpukat, apel, atau bagian lain dari produk yang mungkin terpengaruh oleh gas etilen, yang akan menyebabkan mereka membusuk lebih cepat.

4. Alpukat

Suhu dingin pada kulkas akan memperlambat proses pematangan alpukat karena lebih baik simpan pada suhu kamar sampai benar-benar matang karena selain menghindari proses pematangan juga untuk membuat alpukat memiliki warna hijau dan lembut sempurna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro