Ilustrasi/Sheknows
Health

7 Khasiat Minum Kopi di Pagi Hari, Coffee Lover Wajib Tahu

Intan Riskina Ichsan
Senin, 28 Maret 2022 - 09:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Semakin banyak penelitian yang menghilangkan mitos lama bahwa kopi buruk bagi kesehatan Anda.

Sekarang, para peneliti percaya bahwa kopi memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan yang baik, dan dapat menurunkan risiko mengembangkan berbagai penyakit yang mengancam jiwa termasuk kanker, diabetes, dan Alzheimer.

Kopi bukanlah obatnya sendiri. Sebaliknya, itu harus dikonsumsi sebagai bagian dari diet dan gaya hidup sehat. Berikut 7 manfaat kopi untuk kesehatan, terutama jika dikonsumsi saat pagi hari:

1. Membantu Membakar Lemak

Penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda sebanyak 11 persen. Ini juga meningkatkan kemampuan pembakaran lemak Anda sekitar 10 persen pada orang gemuk dan hampir 30 persen pada individu yang lebih kurus. Kopi bahkan dapat meningkatkan kinerja Anda di gym.

2. Mencegah Batu Ginjal

Jika Anda menderita batu ginjal, ada baiknya menambahkan kopi ke dalam diet Anda. Sebuah studi Harvard mengungkapkan bahwa orang yang minum satu atau lebih cangkir kopi per hari maka 26 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan batu ginjal. Itu karena kafein meningkatkan buang air kecil, yang mengeluarkan kelebihan kalsium dan natrium.

3. Melindungi Otak

Alzheimer dan demensia adalah penyakit mengerikan yang saat ini belum diketahui obatnya. Kopi dapat berperan dalam melindungi otak Anda dari penyakit yang melemahkan ini sebagai pencegahan. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko terkena Alzheimer hingga 65 persen.

4. Menurunkan Risiko Diabetes

Penelitian menunjukkan kopi bisa menjadi senjata yang berguna dalam memerangi diabetes tipe 2. Risiko Anda terkena diabetes tipe 2 berkurang tujuh persen untuk setiap cangkir kopi harian yang Anda minum. Itu karena kopi mengandung asam klorogenat yang telah terbukti mengurangi konsentrasi gula darah.

5. Melindungi Hati

Sirosis adalah penyakit hati yang serius dan bisa berakibat fatal. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang minum empat cangkir kopi atau lebih per hari memiliki risiko hingga 80 persen lebih rendah terkena sirosis. Para peneliti juga menemukan bahwa orang yang minum dua hingga tiga cangkir kopi per hari memiliki kemungkinan 38 persen lebih kecil terkena kanker hati.

6. Meningkatkan Asupan Vitamin

Kopi tua adalah salah satu sumber antioksidan terbaik dalam diet barat. Secangkir kopi mengandung vitamin B2, B3 dan B5. B2 membantu mencegah penyakit jantung dan kanker, B3 membantu menyeimbangkan kadar kolesterol darah, dan B5 membantu menstabilkan kadar gula darah.

7. Melindungi dari Kanker

Selain mengurangi risiko terkena kanker hati, satu penelitian mengungkapkan bahwa orang yang minum empat hingga lima cangkir kopi per hari memiliki risiko 15 persen lebih rendah terkena kanker kolorektal, dan peneliti dari National Cancer Institute di AS percaya bahwa orang yang minum empat cangkir atau lebih per hari memiliki kemungkinan 20 persen lebih kecil untuk menderita melanoma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro