Ilustrasi tidur siang
Health

Awas! 9 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Membuat Anda Lebih Cepat Tua

Intan Riskina Ichsan
Selasa, 31 Mei 2022 - 12:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Sebuah studi dari Harvard menunjukkan bahwa asupan buah dan sayuran yang lebih tinggi dikaitkan dengan kematian yang lebih rendah.

Anda tidak dapat mengubah apa yang Anda alami secara genetik, tetapi Anda dapat mengendalikan faktor-faktor lain yang akan membantu Anda tetap terlihat lebih muda.

Sayangnya, terdapat beberapa kebiasaan sehari-hari yang wajib Anda hindari karena dapat membuat Anda lebih cepat menua.

Berikut 9 kebiasaan yang membuat Anda lebih cepat tua, dilansir dari Eat This Not That:

1. Photoaging Karena Terkena Sinar Matahari

Sinar matahari dapat merusak kulit Anda. Dalam jangka pendek, itu bisa berarti melawan sengatan matahari yang menyengat, tapi ada juga konsekuensi jangka panjang yang mengintai di dalam kulit.

Matahari membuat kulit menua sebelum waktunya. Disebut photoaging, ini bisa menyebabkan kanker kulit. Tanda-tanda photoaging ini adalah adanya kerutan, perubahan pigmentasi, bintik-bintik, kulit kasar, dan lainnya.

2. Minum Soda

Konsumsi soda yang dimaniskan dengan gula dapat meningkatkan penyakit secara independen dari perannya dalam obesitas.

Konsumsi soda manis secara teratur dapat mempengaruhi perkembangan penyakit metabolik melalui penuaan sel yang dipercepat. Dosis gula yang sangat tinggi yang dapat kita masukkan ke dalam tubuh kita secara unik beracun bagi metabolisme.

3. Kurang Olahraga

Fleksibilitas yang rendah di usia 20-an dan 30-an dapat menyebabkan beberapa masalah di kemudian hari, yang utama adalah nyeri sendi atau otot dan tampilan bungkuk secara keseluruhan.

Ada beberapa jenis latihan tertentu yang dapat membantu Anda mengendurkan otot dan persendian, seperti yoga atau pilates. Tetapi Anda juga dapat meningkatkan fleksibilitas dengan melakukan kardio atau angkat besi.

4. Tidur Terganggu

Mereka yang menderita sleep apnea sebenarnya bisa menua lebih cepat daripada kita semua. Jika Anda memilikinya, segera temui dokter.

Meningkatnya tingkat keparahan gangguan pernapasan saat tidur (SDB) dan gangguan tidur dikaitkan dengan percepatan usia epigenetik, terlepas dari faktor pembaur yang terukur. Hubungan ini lebih kuat pada wanita daripada pria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro