Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Diet Alami yang Bisa Dilakukan Setiap Hari

Sarapan merupakan kegiatan yang penting untuk memulai kegiatan di setiap harinya. Simak tips diet untuk menurunkan berat badan.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 15 Juni 2022  |  18:15 WIB
10 Diet Alami yang Bisa Dilakukan Setiap Hari
Inspirasi menu masakan untuk menjalani diet vegan - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Diet merupakan cara tercepat untuk Anda yang menginginkan berat badannya turun, walaupun secara lisan terlihat mudah akan tetapi fakta di lapangan akan susah.

Diet harus dilakukan dengan konsisten dan Anda juga harus memilih diet mana yang bisa dilakukan, karena diet memiliki dua kategori.

Pertama, diet ketat. Dengan diet ketat tentunya tidak akan mudah tetapi karena harus menerapkan gaya hidup yang sangat berbeda dari sebelum memulai diet, namun tipe diet ini akan membawa hasil perubahan yang cepat.

Kedua, diet secara perlahan atau santai. Dalam diet ini Anda bisa melakukannya secara alami, akan tetapi untuk hasilnya akan memerlukan waktu yang agak lama. Walaupun seperti itu, Anda tidak perlu khawatir karena asalkan konsisten maka hasil yang diinginkan akan segera tercapai.

Nah, simak dua belas tips diet secara alami tanpa merubah sebagian besar gaya hidup Anda yang dilansir dari Nhs.uk pada Rabu (15/6/2022), sebagai berikut:

1. Jangan Lewatkan Sarapan

Sarapan merupakan kegiatan yang penting untuk memulai kegiatan di setiap harinya, melewatkan sarapan tidak akan membantu Anda menurunkan berat badan, karena Anda bisa kehilangan nutrisi penting dan mungkin akan berakhir ngemil lebih banyak sepanjang hari.

2. Makan Teratur

Makan pada waktu yang teratur di setiap harinya akan membantu membakar kalori lebih cepat selain kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh terpenuhi, dengan makan teratur juga dapat mengurangi godaan untuk memakan makanan tinggi lemak dan gula.

3. Makan Banyak Buah dan Sayuran

Sepert yang kita tahu, buah dan sayuran merupakan bahan makanan yang rendah kalori dan lemak. Tak hanya itu, buah juga merupakan makanan yang tinggi serat tinggi serat, mengandung banyak vitamin dan mineral, tentunya sudah tidak diragukan lagi bahwa makanan ini merupakan bahan makanan untuk diet Anda.

4. Lebih Aktif

Banyak yang mengatakan bahwa menahan lapar dan memilah makanan akan percuma saja jika tidak dibarengi aktivitas fisik, menjadi aktif adalah kunci untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Selain memberikan banyak manfaat kesehatan, olahraga dapat membantu membakar kelebihan kalori yang tidak dapat Anda hilangkan melalui diet saja.

5. Banyak Minum Air Putih

Beberapa riset menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi 500 ml air putih sekitar 30 menit sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan. Lalu, pada pada orang dewasa, kebiasaan ini bisa mengurangi hingga sekitar 2 kg dalam kurun waktu 12 minggu.

Namun, yang sering disalah artikan tentang diet ini adalah hanya dengan meminum air putih saja sepanjang harinya. Tentu saja tubuh tetap memerlukan asupan makanan dan nutrisi penting untuk metabolisme tubuh Anda.

6. Makan makanan berserat tinggi

Jika ingin merasakan hasil pada diet Anda maka makanlah makanan berserat tinggi yang dapat membantu Anda tetap merasa kenyang. Tentunya, serat ini hanya ditemukan dalam makanan dari tumbuhan, seperti buah, sayuran, gandum, nasi merah, pasta, kacang-kacangan dan lentil.

7. Baca Label Makanan

Tips sederhana namun jarang yang menyadari hal ini, dengan membaca label pada makanan dapat membantu Anda memilih pilihan yang lebih sehat. Gunakan informasi kalori untuk mengetahui bagaimana makanan tertentu cocok dengan tunjangan kalori harian pada rencana diet Anda.

8. Jangan Melarang Memakan Makanan Favorit

Poin ini merupakan poin yang dimaksud dengan diet secara perlahan dan santai, karena dengan melarang makanan yang Anda sukai hanya akan membuat Anda lebih menginginkannya. Nikmatilah makanan kesukaan Anda, akan tetapi tetap dalam batas kalori harian.

9. Jangan menyimpan junk food

Tips ini hanya untuk menghindari godaan Anda ketika sedang dirumah, dengan adanya makanan yang disimpan tentunya kemungkinan Anda akan memakannya sangat besar. Nah, untuk menghindari ini pilihlah camilan sehat, seperti buah, kue beras tawar, kue gandum, popcorn tawar atau tanpa pemanis, dan jus buah tanpa pemanis.

10. Kurangi alkohol

Menurut beberapa sumber, segelas anggur standar dapat mengandung kalori sebanyak sepotong cokelat. Maka seiring waktu Anda meminum minuman beralkohol terlalu banyak maka akan dapat dengan mudah meningkatkan berat badan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan tips sehat makanan sehat diet
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top