Mereka tidak terlalu memedulikan perasaan Anda, dan sering kali kurang menyesal setelah melukai Anda secara emosional. /Solopos-Freepic
Relationship

10 Cara Mengendalikan Emosi, Catat dan Lakukan

Anshary Madya Sukma
Rabu, 15 Juni 2022 - 14:45
Bagikan

6. Tarik Napas Dalam-Dalam

Tips sederhana ini bisa juga membuat Anda mengendalikan emosi. Tujuan dari kegiatan ini tentunya bukan untuk menghilangkan emosi hilang.

Namun, latihan pernapasan dalam dapat membantu Anda dalam menghindari ledakan emosi yang sudah dipicu sebelumnya. Anda bisa melakukannya dengan cara seperti ini:

1. Tarik napas secara perlahan dengan mendalam. 

2. Tahan napas selama tiga hitungan, lalu hembuskan perlahan.

3. Baca mantra yang memotivasi diri Anda, seperti "Saya tenang" atau "Saya santai."

7. Tahu Kapan Harus Mengekspresikan Diri

Mengeluarkan emosi memang dapat membantu Anda tenang, tapi bagaimana jika Anda lepas kendali dan mengatakannya pada kondisi yang tidak pas. 

Misalkan tidak peduli seberapa frustrasi Anda, meneriaki atasan Anda karena kesalahan yang Anda lakukan tidak akan membereskan apapun. 

8. Cobalah Meditasi

Jika Anda sudah berlatih meditasi, ini mungkin salah satu metode untuk mengatasi perasaan emosi yang luar biasa. Meditasi dapat membantu Anda meningkatkan kesadaran akan semua perasaan dan pengalaman yang telah berlalu. 

Saat Anda bermeditasi, Anda sedang mengajari diri Anda sendiri untuk duduk dengan perasaan itu, memperhatikannya tanpa menghakimi diri sendiri atau berusaha mengubahnya hingga membuat emosi itu pergi.

9. Alihkan Stres yang Anda Miliki

Meskipun pengalihan stress hanya berlaku sementara, akan tetapi ini diperlukan agar emosi Anda tidak terlalu menumpuk. 

Kegiatan ini biasanya disebut stress release, yaitu dengan cara, tidur yang cukup, meluangkan waktu untuk berbicara (dan tertawa) dengan teman-teman dan meluangkan waktu untuk relaksasi dan hobi. 

10. Bicaralah Dengan Terapis

Tips  yang terakhir ini merupakan tips pamungkas jika Anda masih belum bisa mengontrol emosi, yaitu dengan berbicara pada seorang ahli.

Seorang terapis atau ahli dapat menawarkan dukungan penuh kasih dan yang paling penting seorang terapis tidak akan menghakimi kondisi perasaan yang sedang Anda alami.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro