Kenali Penyebab dan Gejala Vitiligo yang Timbulkan Bercak Putih di Wajah dan Tubuh
Health

Kenali Penyebab dan Gejala Vitiligo yang Timbulkan Bercak Putih di Wajah dan Tubuh

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 22 Juni 2022 - 18:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Winnie Harlow, model yang memiliki penyakit vitiligo sempat menjadi perhatian ketika menjadi model di Victoria Secret.

Dia adalah lulusan Next Top Model America tahun 2014. Penampilannya yang memiliki bercak putih karena vitiligo juga menjadi perhatian publik.

Vitiligo adalah penyakit yang menyebabkan hilangnya warna kulit pada bercak-bercak. Area yang berubah warna biasanya semakin besar seiring waktu. Kondisi ini dapat mempengaruhi kulit di bagian tubuh manapun. Ini juga dapat mempengaruhi rambut dan bagian dalam mulut.

Biasanya, warna rambut dan kulit ditentukan oleh melanin. Vitiligo terjadi ketika sel-sel yang memproduksi melanin mati atau berhenti berfungsi. Vitiligo mempengaruhi orang-orang dari semua jenis kulit, tetapi mungkin lebih terlihat pada orang dengan kulit coklat atau hitam. Kondisi ini tidak mengancam jiwa atau menular. Ini bisa membuat Anda stres atau membuat Anda merasa buruk tentang diri Anda sendiri.

Perawatan untuk vitiligo dapat mengembalikan warna kulit yang terkena. Tapi itu tidak mencegah hilangnya warna kulit atau kekambuhan.

Berikut adalah gejala dan tanda-tanda vitiligo dilansir dari Mayo Clinic:

  1. Hilangnya warna kulit secara merata, yang biasanya pertama kali muncul di tangan, wajah, dan area di sekitar bukaan tubuh dan alat kelamin
  2. Pemutihan dini atau uban pada rambut di kulit kepala, bulu mata, alis atau janggut
  3. Hilangnya warna pada jaringan yang melapisi bagian dalam mulut dan hidung (selaput lendir)
  4. Vitiligo dapat dimulai pada usia berapa pun, tetapi biasanya muncul sebelum usia 30 tahun.

Tergantung pada jenis vitiligo yang Anda miliki, vitiligo dapat mempengaruhi:

  1. Hampir semua permukaan kulit. Dengan jenis ini, yang disebut vitiligo universal, perubahan warna mempengaruhi hampir semua permukaan kulit.
  2. Banyak bagian tubuh. Dengan jenis yang paling umum ini, yang disebut vitiligo umum, bercak-bercak yang berubah warna sering berkembang serupa pada bagian tubuh yang sesuai (simetris).
  3. Hanya satu sisi atau bagian tubuh. Jenis ini, disebut vitiligo segmental, cenderung terjadi pada usia yang lebih muda, berkembang selama satu atau dua tahun, kemudian berhenti.
  4. Satu atau hanya beberapa area tubuh. Jenis ini disebut vitiligo lokal (fokal).
  5. Wajah dan tangan. Dengan jenis ini, yang disebut vitiligo acrofacial, kulit yang terkena ada di wajah dan tangan, dan di sekitar bukaan tubuh, seperti mata, hidung, dan telinga.
  6. Sulit untuk memprediksi bagaimana penyakit ini akan berkembang. Terkadang tambalan berhenti terbentuk tanpa perawatan.
  7. Dalam kebanyakan kasus, hilangnya pigmen menyebar dan akhirnya melibatkan sebagian besar kulit. Terkadang, kulit mendapatkan warnanya kembali.

Penyebab vitiligo

  1. Lapisan kulit Anda
  2. Lapisan kulit dan melaninBuka kotak dialog pop-up
  3. Vitiligo terjadi ketika sel penghasil pigmen (melanosit) mati atau berhenti memproduksi melanin – pigmen yang memberi warna pada kulit, rambut, dan mata Anda. 

Bercak kulit yang menjadi lebih terang atau putih, karena sel-sel pigmen ini gagal atau mati, yang bisa disebabkan berikut ini

  1. Gangguan sistem kekebalan tubuh (kondisi autoimun)
  2. Riwayat keluarga (keturunan)
  3. Peristiwa pemicu, seperti stres, sengatan matahari parah, atau trauma kulit, seperti kontak dengan bahan kimia
  4. Komplikasi

Orang dengan vitiligo mungkin berada pada peningkatan risiko:

  1. Tekanan sosial atau psikologis
  2. Terbakar sinar matahari
  3. Masalah mata
  4. Gangguan pendengaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro