Ilustrasi hipertensi/istimewa
Health

Cara Mencegah Hipertensi di Usia Muda

Mia Chitra Dinisari
Senin, 11 Juli 2022 - 19:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kita sering berpikir bahwa hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah masalah kesehatan yang terjadi seiring bertambahnya usia, tetapi pernyataan itu tidak benar.

Kadang-kadang, bahkan mereka yang termasuk dalam kelompok usia 20-30 juga dapat menghadapi masalah tekanan darah tinggi.

Apa itu tekanan darah tinggi?

Ketika pengukuran tekanan darah Anda tiga kali lebih dari 140/90, maka dokter Anda akan memberi label Anda sebagai pasien tekanan darah tinggi.

Penyebab Seperti yang diungkapkan oleh ahli bedah kardio-toraks Dr Bipeenchandra Bhamre, kurang tidur, stres, penyalahgunaan narkoba, kebiasaan makan yang buruk, obesitas, merokok, alkohol, menderita penyakit ginjal atau jantung, hipertiroidisme, mengonsumsi makanan kaya natrium, dan tidak berolahraga cukup sekian alasan yang melatarbelakangi terjadinya hipertensi.

“Ada tren hipertensi yang mengkhawatirkan yang terlihat pada anak-anak. Hipertensi yang tidak terkontrol terkait dengan masalah jantung, mata, ginjal, dan otak di kemudian hari. Hipertensi esensial adalah ketika tidak ada penyebab yang terdeteksi,” kata Dr Bhamre.

Gejalanya

Gejala tekanan darah tinggi adalah sakit kepala (oksipital), nyeri bahu kiri terkadang nyeri punggung. Beberapa orang merasa berat di dada atau punggung. Beberapa orang dengan tekanan darah tinggi akan luput dari perhatian.

Bagaimana cara mengontrol tekanan darah Anda? Obat-obatan merupakan pengobatan lini pertama dan seseorang harus minum obat tepat waktu. Bahkan jika itu menjadi normal, jangan hentikan pengobatan.

Dengan modifikasi gaya hidup, kita bisa menurunkan tekanan darah. Seseorang harus memastikan bahwa dia makan makanan yang seimbang yang terdiri dari buah-buahan segar, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan.

Asupan kalori perlu dikurangi. Cobalah untuk mengurangi makanan berlemak. Jadi, seseorang harus menghindari cola, soda, permen, permen, jus, makanan penutup, biskuit, kue kering, roti, dan kue, dan memantau asupan garam Anda. Ambil bantuan seorang ahli mengenai jumlah garam yang tepat yang perlu Anda miliki.

Berikut beberapa tips menjaga tekanan darah Anda:

1. Berolahraga setiap hari 

Berolahraga dapat membantu seseorang menurunkan tekanan darah dan mempertahankan berat badan yang optimal. Berhenti merokok dan alkohol dapat membantu karena dapat lebih meningkatkan tekanan darah Anda.

2. Seseorang harus mencoba mempertahankan BMI ideal sesuai saran dokter dan mengontrol obesitas.

3. Seseorang harus mencoba menghilangkan stres dengan memilih teknik relaksasi seperti yoga dan meditasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro