Tanda-tanda kolesterol tinggi dari tangan, kaki, hidung, dan mata/Istimewa
Health

Mujarab untuk Turunkan Kolesterol, Berikut 10 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Intan Riskina Ichsan
Kamis, 14 Juli 2022 - 14:29
Bagikan

Turunkan Kolesterol Tinggi hingga Anti Diabetes

1. Anti Diabetes

Berbagai obat anti diabetes memiliki efek samping pada hati dan ginjal dalam jangka panjang. Penelitian telah mengungkapkan bahwa bubuk daun sirih kering memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar glukosa darah pada individu dengan diabetes mellitus tipe 2 yang baru didiagnosis tanpa efek samping.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke. Penelitian telah menemukan bahwa daun sirih membantu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, kolesterol low-density lipoprotein (LDL) yang tinggi dan kolesterol very low-density lipoprotein (VLDL). Selain itu, juga membantu meningkatkan kadar kolesterol high-density lipoprotein (HDL).

3. Anti Kanker

Kadar sirih bila dikonsumsi dengan tembakau dan buah pinang meningkatkan risiko kanker mulut . Namun, daun sirih sendiri merupakan reservoir senyawa fenolik yang memiliki sifat antioksidan, anti-mutagenik, anti-proliferasi dan anti-bakteri. Studi telah mengungkapkan potensi pencegahan kemo dari daun sirih terhadap berbagai jenis kanker.

4. Anti Mikroba

Minyak atsiri yang terdapat dalam daun sirih memiliki aktivitas antibakteri terhadap bakteri patogen yaitu Escherichia coli, Staphylococcus aures, dan Pseudomonas aeruginosa. Kehadiran fenolat dan fitokimia dalam daun sirih membantu melindungi dari bakteri gram positif dan gram negatif.

5. Membantu Penyembuhan Luka

Penelitian telah mengamati bahwa daun sirih membantu dalam proses penyembuhan luka. Ekstrak daun sirih memiliki efek yang sangat kuat pada penyembuhan luka pada kasus luka bakar. Peningkatan kadar stres oksidatif menyebabkan keterlambatan penyembuhan luka. Daun sirih merupakan sumber antioksidan yang dapat mengurangi stres oksidatif dan membantu penyembuhan luka dengan cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro