Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Persiapan dan Pertanyaan Penting Sebelum Melakukan Operasi Plastik

Melakukan operasi plastik adalah keputusan besar, jadi bagi Anda yang ingin melakukannya, sangat penting untuk menanyakan pertanyaan dasar kepada ahli bedah plastik Anda sebelum memilihnya.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 18 Juli 2022  |  09:30 WIB
Persiapan dan Pertanyaan Penting Sebelum Melakukan Operasi Plastik
Ilustrasi wajah yang dioperasi plastik 'facelift' - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang memilih untuk melakukan operasi plastik untuk mengubah penampilan dan menambah kecantikannya.

Dari sedot lemak, perbaikan hidung, perbaikan mata, perbaikan rahang, hingga perbaikan bibir kini sudah banyak yang melakukannya.

Melakukan operasi plastik adalah keputusan besar, jadi bagi Anda yang ingin melakukannya, sangat penting untuk menanyakan pertanyaan dasar kepada ahli bedah plastik Anda sebelum memilihnya.

Ahli Bedah Plastik dan Rekonstruksi Dr Parag Telang mengatakan pertanyaan-pertanyaan ini harus seputar bidang keahlian ahli bedah, pelatihan, apa yang diharapkan sebelum dan sesudah perawatan dalam hal waktu pemulihan, manfaat, efek samping dan hasil.

"Mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini sebelum melakukan operasi dapat membuat Anda merasa lebih aman untuk melanjutkan operasi.” paparnya dilansir Times of India.

Pada Hari Bedah Plastik Sedunia 2022, Dr Telang berbagi beberapa pertanyaan dan mengapa pasien perlu menanyakannya sebelum memilih operasi sebagai berikut:

1. Apakah saya kandidat yang baik untuk prosedur ini?

Sebelum perawatan, Anda dan ahli bedah plastik Anda perlu memastikan kondisi kesehatan Anda apakah layak menjalankan operasi tersebut atau tidak. Ini untuk mencegah dampak dan komplikasi yang ditimbulkan.

2. Seberapa Ahli dokter Anda melakukan prosedur bedah plastik?

Semakin sering seorang ahli bedah plastik melakukan bedah, semakin banyak waktu dan keahlian yang dia miliki untuk menyempurnakan teknik mereka dalam operasi. Mengajukan pertanyaan tentang seberapa sering mereka melakukan prosedur yang mereka rekomendasikan atau yang Anda minati akan membantu memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang keahlian mereka.

3. Apakah Dokter Anda bersertifikat?

Tentukan apakah ahli bedah plastik Anda bersertifikat, ini akan memastikan ahli bedah Anda berspesialisasi dan memiliki pelatihan ekstensif dalam operasi plastik.

4. Dapatkah Anda melihat beberapa foto sebelum dan sesudah prosedur ini untuk beberapa pasien Dokter Anda?

Semua ahli bedah plastik harus memiliki foto sebelum dan sesudah pasien mereka sebelumnya. Jadi, selalu minta untuk melihat foto-foto prosedur yang Anda pilih dan pastikan Anda puas dan menyetujui hasilnya. Hati-hati untuk memeriksa foto dan pastikan untuk melihat bagaimana hasilnya ternyata untuk berbagai jenis pasien.

5. Berapa banyak janji pra-operasi yang dibutuhkan?

Dari beberapa tes darah hingga pencitraan, ada banyak tes yang harus dijalankan, sebelum Anda melakukan operasi plastik ini. Ajukan pertanyaan ini kepadanya dan dapatkan gambaran seperti apa garis waktu dari hari Anda memesan prosedur hingga janji tindak lanjut terakhir.

5. Seperti apa pemulihan dan berapa lama?

Sebelum melakukan perawatan, tanyakan kepada dokter bedah plastik Anda pertanyaan dasar, tentang apa yang dapat Anda rasakan selama pemulihan, sehingga Anda tidak panik jika merasa sakit setelah perawatan. Ajukan pertanyaan kepadanya tentang perkiraan waktu pemulihan setelah perawatan.

Ini akan membantu Anda merencanakan dengan tepat untuk mengambil jumlah waktu istirahat yang tepat dari pekerjaan. Waktu pemulihan setelah perawatan tergantung pada jenis prosedur. Beberapa perawatan memerlukan menginap semalam dan bisa memakan waktu hingga dua minggu untuk pemulihan.

6. Apakah ada hal spesifik yang perlu saya lakukan sebelum melakukan prosedur?

Pertanyaan ini termasuk apakah Anda perlu menurunkan berat badan sebelum melakukan prosedur pembentukan tubuh atau menghentikan atau mengubah rutinitas perawatan kulit Anda sebelum melakukan perawatan. Ajukan semua pertanyaan yang akan memberi Anda petunjuk pra-operasi.

7. Apa risiko dan komplikasi?

Tanyakan kepada ahli bedah plastik Anda tentang risiko yang terlibat dalam prosedur pembedahan dan juga lakukan riset sendiri. Sebelum prosedur, pastikan Anda menyadari risiko serta manfaatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

operasi plastik bedah plastik pasien lemak
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top