Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sederet Manfaat Ajaib Minyak Ikan untuk Kesehatan

Lantas, apa saja sih manfaat minyak ikan untuk Kesehatan? Berikut manfaat minyak ikan menurut healthline dan verywellmind
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 09 Agustus 2022  |  11:45 WIB
Sederet Manfaat Ajaib Minyak Ikan untuk Kesehatan
Ilustrasi Omega-3 - Healthline
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi orang yang kurang menyukai ikan, mengonsumsi minyak ikan bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan.

Selain dalam suplemen kapsul softgel yang umumnya dikonsumsi oleh orang dewasa, minyak ikan juga biasa terkandung dalam suplemen penambah nafsu makan anak-anak.

Minyak ikan merupakan minyak hasil ekstraksi jaringan ikan, umumnya dari ikan tuna, teri, herring, ataupun makarel. Namun, untuk pembuatan minyak ikan cod biasanya terbuat dari hati ikan lain. Selain mengandung sekitar 30% omega-3 dan 70% lemak lain, minyak ikan umumnya juga mengandung vitamin A dan D.

Lantas, apa saja sih manfaat minyak ikan untuk Kesehatan? Berikut manfaat minyak ikan menurut healthline dan verywellmind.

1. Bermanfaat untuk Kesehatan Otak

Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang berperan penting untuk kesehatan otak. Kandungan ini menjaga sel-sel otak juga membantu komunikasi antar sel. Di masa awal perkembangan otak, peran omega-3 sangat penting, tak heran jika minyak ikan terkandung dalam beberapa suplemen penambah nafsu makan anak.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Peran minyak ikan untuk jantung diantaranya dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dan sebaliknya, menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Lalu, minyak ikan juga membantu menurunkan trigliserida hingga 15-30%.

Peran lain dapat mencegah plak yang menyebabkan arteri mengeras dan membuat arteri lebih stabil. Selain itu, ajaibnya minyak ikan dapat mengurangi tekanan darah pada orang dengan kadar tinggi. Wah ajaib ya!

Meskipun minyak dapat mengurangi risiko penyakit jantung, namun sejauh ini belum ada bukti minyak ikan dapat mencegah serangan jantung.

3. Mengurangi Gejala Pramenstruasi

Studi menemukan bahwa asam lemak omega-3 dapat secara efektif mengurangi gejala-gejala yang timbul akibat sindrom pramenstruasi. Gejala-gejala itu bisa beripa gejala somatic atau fisik, juga gejala psikologis atau mental, seperti perubahan mood secara mendadak.

4. Anti-inflamasi dalam Minyak Ikan Bantu Obati Peradangan

Peradangan merupakan upaya yang dilakukan sistem kekbalan tubuh untuk mengobati cedera dan melawan infeksi. Namun, dalam kasus yang lebih parah, peradangan kronis berkaitan erat dengan kondisi Kesehatan seperti kelebihan berat badan atau obesitas, depresi, diabetes hingga penyakit jantung.

Sifat anti-inflamasi yang dimiliki minyak ikan dapat membantu kondisi yang berkaitan dengan peradangan kronis. Penelitian menunjukkan pada satu orang penderita obesitas dan satu orang yang mengalami stress saat mengonsumsi, minyak ikan dapat mengurangi produksi dan ekspresi gen molekul inflamasi atau biasa disebut sitokin.

5. Membantu Mengobati Depresi

Peningkatan depresi menurut penelitian bisa disebabkan oleh kurangnya asam lemak omega-3 yang masuk ke tubuh atau ketidaksimbangan rasio asam lemak omega-6 dan omega-3 di otak. Minyak ikan berguna sebagai tambahan terapi antidepresan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Omega 3 ikan menstruasi otak
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top