Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Manfaat Berbicara dengan Diri Sendiri, Salah Satunya Bisa Kurangi Stres

Pernahkah Anda berbicara dengan diri sendiri? Ternyata banyak manfaatnya lho
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 19 September 2022  |  13:11 WIB
Manfaat Berbicara dengan Diri Sendiri, Salah Satunya Bisa Kurangi Stres
Ilustrasi seseorang yang tidak bahagia - Freepik.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika menemukan seseorang sedang berbicara sendiri, jangan merasa heran. Hal ini karena berbicara dengan diri sendiri merupakan sesuatu yang cukup umum. Bahkan berbicara dengan diri sendiri disebutkan punyai sejumlah manfaat bagi psikologis.

Dilansir dari verywellmind, berbicara dengan diri sendiri bisa juga merupakan salah satu bentuk komunikasi sosial. Hal ini terjadi apabila seseorang lebih banyak menghabiskan waktu sendiri. Seseorang itu kan menjadikan self-talk sebagai komunikasi sosialnya.

Penelitian juga menemukan, anak tunggal lebih mungkin melakukan self-talk. Penelitian lain juga mengatakan bahwa orang yang kesepian dan orang yang memiliki kebutuhan hubungan sosial yang tidak terpuaskan juga cenderung berbicara dengan diri mereka sendiri.

Lalu apa manfaat berbicara dengan diri sendiri? Berikut ini manfaat self-talk menurut verywellmind dan healthclevelandclinic.

Untuk merenung

Berbicara dengan diri sendiri bisa menjadi sarana untuk memikirkan kejadian yang telah lalu. Hal ini bertujuan agar di masa depan tidak kembali dengan pengalaman atau kejadian yang sama.
Berbicara dengan diri sendiri juga bisa meminimalkan emosi langsung serta perasaan spontan, sehingga bisa membantu untuk berbua secara lebih rasional dan jelas.

Motivasi

Memberi semangat pada diri sendiri dan memotivasi diri juga bisa dengan berbicara dengan diri sendiri. Seperti ungkapan, "Saya pasti bisa," ini merupakan perasaan dan pemikiran positif yang bisa memotivasi diri sendiri.
Dalam pertandingan olahraga, memotivasi diri sendiri ataupun tim sendiri bisa meningkatkan kontrol kelompok secara signifikan.

Membuat memori lebih baik

Ingat tentang meme seorang kancil yang disuruh ibunya untuk membeli sembako ke warung, dan di perjalanan si kancil lupa apa yang seharusnya dia beli. Hal ini karena mungkin si kancil tidak menghapalkan barang yang harus dibelinya sambil berjalan menuju warung. Ini merupakan salah satu manfaat berbicara sendiri.

Para peneliti mengungkap, berbicara pada diri sendiri membuat ingatan peserta perlombaan meningkat. Selain itu, juga bermanfaat untuk menciptakan hubungan yang lebih kuat antara kata-kata yang mereka ucapkan dengan target visaul yang mereka cari.

Problem solving

Menyelesaikan masalah dengan berbicara pada diri sendiri juga biasa disebut dengan self-explaining. Ini bermanfaat untuk membantu memantau kemajuan seseorang serta meningkatkan kinerja orang tersebut saat mengatasi masalah.

Meningkatkan fokus

Berbicara dengan diri sendiri bisa membantu seseorang menjadi lebih fokus. Hal ini karena percakapan dengan diri sendiri melibatkan lebih banyak area otak, sehingga seseorang aka. Ke ih memperhatikan hal-hal yang ada disekitarnya.

Pengurangan stres

Berbicara dengan diri sendiri juga berguna untuk pengurangan stres. Ini karena monolog internal bisa digunakan untuk mengatur emosi saat emosi menjadi naik dan sulit dikendalikan secara tiba-tiba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

psikologi psikolog stres
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top