Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simpel, Ini Tips Menjaga Kesehatan Gigi untuk Peminum Kopi

Namun yang perlu diperhatikan juga untuk para peminum kopi yaitu menjaga kesehatan gigi. Simpel, ini tips menjaga kesehatan gigi untuk peminum kopi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 September 2022  |  16:57 WIB
Ilustrasi orang sedang menyeduh kopi - Freepik
Ilustrasi orang sedang menyeduh kopi - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Meminum kopi sudah menjadi gaya hidup yang tidak terpisahkan saat ini. Tidak hanya untuk gaya hidup, meminum kopi ternyata bisa menyehatkan jika dalam takaran yang pas.

Namun yang perlu diperhatikan juga untuk para peminum kopi yaitu menjaga kesehatan gigi.

Dokter Gigi Sharon Huang mengingatkan para peminum kopi harus berhati-hati dengan kebiasaan menyikat gigi. Dia mengatakan bahwa menyikat gigi setelah mendapatkan kafein sangat tidak dianjurkan.

“Makanan dan minuman yang tinggi asam—kopi adalah salah satunya—demineralisasi gigi, atau melembutkan email gigi Anda,” jelas Dr. Huang. “Melakukan apa pun dengan gigi Anda segera setelah [seperti] menyikat atau menggunakan benang gigi saat email masih lunak dapat merusak gigi, menyebabkan sensitivitas atau mengembangkan titik lemah yang dapat menyebabkan gigi berlubang."

Perlu diingat bahwa ini hanya berlaku untuk menyikat gigi segera setelah selesai minum kopi. Anda masih bisa menyikat gigi. Dr Huang menyarankan menunggu setidaknya 30 menit sampai satu jam. “Setelah Anda minum kopi, bilas mulut Anda dengan air, dan tunggu setidaknya 30 menit setelah Anda selesai minum kopi untuk menyikat gigi lagi. Setelah tanda 30 menit, email Anda telah mengeras kembali dan tidak akan hilang dengan menyikat gigi, ”katanya.

Dr. Huang juga menambahkan bahwa menyikat gigi sebelum waktu minum kopi sangat ideal karena plak dan bakteri berkumpul di gigi dalam semalam. "Jika plak pada gigi Anda saat Anda minum kopi, berarti Anda belum menyikat gigi, kopi dapat menodai plak, membuat gigi tampak lebih gelap."

Sementara waktu ideal untuk menunggu minum kopi setelah menyikat gigi, dia mengatakan untuk menunggu sekitar 10 menit. “Setelah menyikat gigi, air dan kopi aman untuk diminum segera karena mineral dalam pasta gigi telah memperkuat, meremineralisasi, dan membersihkan permukaan gigi dari bakteri yang menumpuk,” Dr. Huang berbagi. "Namun, untuk rasa terbaik, Anda mungkin ingin menunggu 10 menit untuk menghindari kopi atau air beraroma pasta gigi."

Berikut ini tips menjaga kesehatan gigi untuk peminum kopi


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kopi gigi
Sumber : Antaranews
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top