Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 6 Manfaat Menjemur Pakaian di Bawah Sinar Matahari yang Jarang Diketahui

Bunda, ini manfaat menjemur pakaian di bawah sinar matahari untuk keseharian Anda.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 03 Oktober 2022  |  17:07 WIB
Ini 6 Manfaat Menjemur Pakaian di Bawah Sinar Matahari yang Jarang Diketahui
Ilustrasi jemur pakaian
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menggunakan panas matahari untuk mengeringkan pakaian memang merupakan cara tradisional yang sudah dilakukan oleh nenek moyang Indonesia dan dunia. 

Namun, meskipun relatif tradisional dan sudah ditemukan mesin pengering yang bisa mengeringkan pakaian lebih cepat dari tenaga surya. Tetapi ada beberapa manfaat yang bisa diambil ketika mengeringkan pakaian dengan paparan sinar matahari.

Berikut ini manfaat menjemur pakaian di bawah sinar matahari dari berbagai sumber:

1. Menghemat energi 

Menggunakan pengering pakaian bertenaga listrik tentu tidak seramah lingkungan menjemur pakaian di bawah sinar matahari. Karena mesin pengering menggunakan banyak energi serta melepaskan bahan kimia saar dipanaskan.

Bahkan, penelitian yang dilakukan di Inggris menyebutkan, jika setiap rumah di Inggris menggunakan sinar matahari untuk mengeringkan pakaian. Ini bisa membantu menghemat sekitar satu juta ton karbon dioksida setiap tahunnya.

2. Hemat uang

Menjemur pakaian di bawah sinar matahari juga gratis, hanya bermodalkan tali, paku dan tiang. Tiangpun sifatnya opsional. Perawatannya juga tidak akan memusingkan seperti perawatan mesin pengering pakaian. 

3. Membuat pakaian lebih tahan lama

Sebuah penelitian mengungkap, mesin pengering pakaian bisa membuat pakaian dua kali lipat dibandingkan dengan pengeringan dengan menggunakan udara. Ini berarti menjemur pakaian di bawah sinar matahari bisa membuat pakaian menjadi lebih awet.

4. Membuat pakaian menjadi lebih lembut

Serat pakaian yang dikeringkan oleh mesin pengering bisa alami kerusakan dan kekasaran yang diakibatkan oleh panas dan agitasi mesin. Meskipun, kerusakan ini tidak bisa dilihat oleh mata telanjang.

Jadi, menjemur pakaian di bawah sinar matahari lebih ramah terhadap serat pakaian dan tidak menyebabkan kekasaran ataupun kerusakan serat.

5. Membantu mendisinfeksi dan menghilangkan noda pakaian

Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet. Sinar ini membantu pakaian dengan sifat pemutih alaminya, sehingga bisa menghilangkan noda secara alami.

Selanjutnya, panas sinar matahari juga bisa membantu mendisinfeksi pakaian, dengan membunuh bakteri yang ada. Caranya dengan menjemur pakaian di tengah terik matahari hingga benar-benar kering.

6. Menghilangkan bau tidak sedap pada pakaian

Karena sinar matahari membantu mendisinfeksi bakteri pada pakaian, ini juga bisa membantu membunuh bakteri yang bisa sebabkan bau apek.

Sebuah penelitian juga mengungkap, pakaian yang dijemur di bawah terik matahari dapat menghasilkan senyawa organik. Senyawa organik ini mirip bisa menjadi parfum alami untuk pakaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pakaian matahari badai matahari Gerhana Matahari
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top