Ilustrasi karyawan mengalami kelelahan saat bekerja/Freepik
Relationship

Tips Healing Murah Meriah di Rumah, Bisa Atasi Lelah dan Stres

Widya Islamiati
Kamis, 6 Oktober 2022 - 14:45
Bagikan

Bisnis.com,  JAKARTA - Melepas penat setelah beraktivitas atau healing, memang merupakan hal yang dibutuhkan. Tubuh juga perlu istirahat untuk mengisi energi, agar bisa menjalankan aktivitas kembali. 

Namun, pernahkah mengalami kejadian tetap merasa lelah meskipun sudah beristirahat? Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyebut hal tersebut terjadi akibat salah definisi mengenai lelah.

Healing tidaklah mengharuskan orang untuk pergi ke tempat-tempat yang indah semacam destinasi wisata. Healing yang tepat untuk meredakan lelah justru bisa didapat dengan berbagai perlakuan berikut!

Mengutip laman Medicalnewstoday, ada beberapa cara yang disarankan oleh dokter untuk mengatasi kelelahan.

1. Jaga kualitas dan pola tidur

Ketika seseorang punyai kualitas dan pola tidur yang baik, tidurnya akan membantu dia mengurangi kelelahan. Berikut tipsnya:

Pertahankan waktu tidur malam hari, dan bangun pada pagi hari. Ini juga harus berlaku meskipun sedang liburan.

Suhu kamar pertahankan pada 16 hingga 19 derajat celcius. The slee0 foundation menyebut ini merupakan suhu terbaik untuk kualitas tidur yang baik pula.

2. Redupkan cahaya dan pastikan ruangan sunyi

Hindarkan ponsel ataupun televisi dari satu jam sebelum terlelap. Hal ini dikarenakan cahaya dari benda elektronik dapat mempengaruhi kualitas tidur serta memicu aktivitas otak.

Kurangi aktivitas fisik sebelum tidur dan mencoba relaksasi tubuh dnegan mandi air hangat dan sedikit sentuhan musik klasik. Ini bisa membantu mengatasi stres dan khawatir berlebih. 

3. Sesekali lakukan yoga

Yoga disebutkan dapat meningkatkan kualitas tidur serta menghilangkan kelelahan dan depresi.

4. Berolahraga secara teratur 

Nampaknya olahraga dan kelelahan adakah dua hal yang bertolak belakang. Namun, berolahraga secara teratur juga merupakan bagian dari upaya menghilangkan kelelahan.

Bahkan seorang dokter ataupun terapis akan menyarankan hal ini. Karena, berolahraga bisa meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi kelelahan.

5. Menjaga pola makan 

Mengapa pola makan berpengaruh pada kelelahan? Sebab ketika mempunyai pola makan yang baik, kesehatan dan pola tidur juga akan baik.

  • Makan dengan porsi kecil dan sering sangatlah disarankan 
  • Mengonsumsi makanan ringan yang rendah gula 
  • Konsumsi makanan olahan kaya nutrusi
  • Konsumsi buah dan sayur 
  • Dan disarankan untuk mengonsumsi kafein pada sore hari.

6. Menjaga jam dan waktu diri sendiri

Dilansir dari webmd, mempertahankan pola waktu dan jam diri sendiri juga penting bagi kesehatan dan mempengaruhi kelelahan. Ketika sudah terbiasa makan di jam tertentu, maka tubuh secara otomatis akan menunggu asupan makanan pada jam tersebut. Begitupun dengan jam istirahat.

Inilah mengapa healing dengan banyak istirahat ataupun menghirup udara segar ke tempat wisata belum tentu bisa mengurangi kelelahan secara signifikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro