Bayam/boldsky.com
Health

Ini 7 Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan Kembali

Widya Islamiati
Kamis, 13 Oktober 2022 - 10:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika makanan ataupun lauk pendamping nasi tidak habis, sebagian masyarakat Indonesia akan menyimpannya di lemari es. Kemudian ketika akan disantap kembali, makanan akan dipanaskan.

Tetapi, dilansir dari Times India, ada beberapa makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali ketika sudah dimasak. 

1. Kentang

Kentang kehilangan nilai gizinya jika dipanaskan kembali. Menyimpan kentang yang telah dimasak dalam waktu yang lama akan menyebabkan mual atau penyakit, dan bahkan keracunan makanan.

2. Nasi

Beras mentah mengandung spora yang berubah menjadi bakteri. Spora ini bahkan dapat bertahan bahkan setelah nasi dimasak. Nasi yang dimasak lalu disimpan pada suhu ruang, dapat menghasilkan racun yang dapat menyebabkan diare dan muntah. 

3. Telur

Telur merupakan sumber protein hewani yang baik. Namun, memanaskan kembali telur pada suhu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada saluran pencernaan.

4. Ayam

Selain telur, sumber protein hewani lainnya adalah daging ayam. Namun, memanaskan kembali olahan ayam yang telah dimasak justru akan berdampak negatif seperti menyebabkan masalah pencernaan.

5. Seledri

Seledri memiliki kandungan nitrat yang tinggi, namun jika dipanaskan kembali bisa menjadi racun. Nitrat berubah menjadi nitrit setelah dipanaskan kembali.

Terlalu banyak kandungan nitrit yang masuk dalam tubuh akan meningkatkan risiko methemoglobinemia. Ini terjadi akibat nitrit dalam darah berinteraksi dengan hemoglobin dan zat besi. Sehingga membuat zat besi tidak mampu membawa oksigen ke sel hidup. Dampak terburuk dari hal ini adalah komplikasi atau bahkan kematian.

6. Jamur

Sama seperti telur dan ayam, jamur juga kaya akan protein. Saat jamur dimasak, hidangannya harus dinikmati hati itu juga, karena diperkaya dengan protein, strukturnya berubah saat dipanaskan kembali.

Struktur ini bisa berbahaya bagi tubuh. Seperti timbulkan risiko alami masalah pencernaan dan bahkan masalah jantung yang serius.

7. Bayam

Makanan Popeye si Pelaut ini merupakan sayuran berdaun hijau yang kaya akan nitrat dan zat besi. Namun, ketika dipanaskan kembali, nitrat ini dapat berubah menjadi nitrit dan karsinogen lain yang diketahui adalah zat yang dapat menyebabkan kanker pada jaringan hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro