Ilustrasi demam dan flu/CDC
Health

Kiat Tetap Sehat dan Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan

Arlina Laras
Kamis, 17 November 2022 - 14:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Terdapat eberapa hal yang harus diperhatikan agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan meminimalisir terpapar penyakit penyerta yang dapat terjadi ketika musim hujan berlangsung.

Adapun, hal ini mengacu pada prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa seluruh wilayah DKI Jakarta diguyur hujan sepanjang hari, Kamis (17/11/2022).

Bahkan, di beberapa wilayah Jawa Barat, seperti Bekasi, Depok, dan Bogor diprakirakan mengawali hari dengan cuaca hujan berintensitas ringan.

Melansir dari Wella Health, berikut cara agar kondisi tubuh tetap fit saat musim hujan tiba. Simak ulasannya.

1. Jaga Asupan Gizi Tubuh

Sebagian besar penyakit dan infeksi yang terjadi pada musim hujan terjadi karena penurunan atau kurangnya kekebalan tubuh. Selain itu, akibat kelembapan yang berlebih, membuat seseorang mudah terkena batuk, pilek, dan demam.

Untuk mengatasinya, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengonsumsi vitamin C, makan makanan bergizi, seperti sayur dan buah serta minum banyak air untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Produk susu seperti susu, keju, dan yoghurt mengandung asam linoleat dan probiotik, yang juga membantu melindungi tubuh dari infeksi. Makanan dengan vitamin D seperti daging merah, hati, kuning telur juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

2. Tingkatkan Asupan Cairan

Minum banyak air sangat diperlukan, untuk membantu Anda membersihkan tubuh dari kuman dan bakteri serta batuk dan pilek. Selain itu, karena cuaca sudah dingin, tubuh Anda akan membutuhkan banyak minuman hangat seperti teh dan jus bernutrisi untuk membantu mencegah dehidrasi dan mengurangi sakit tenggorokan atau kemungkinan masuk angin.

3. Olahraga Secara Teratur

Berdasarkan One Health, berolahraga tidak hanya membantu Anda menurunkan berat badan atau tetap bugar, tetapi juga bagus untuk kekebalan Anda. Dengan olahraga, maka jantung Anda berdebar kencang sehingga mampu meningkatkan sirkulasi darah dan memicu produksi serotonin (hormon kebahagiaan), yang semuanya memperkuat sistem kekebalan Anda terhadap virus dan bakteri. 

Adapun, beberapa olahraga yang bisa Anda coba selama musim hujan berlangsung, seperti lompat tali, squat, plank, dan lain-lain.

4. Perhatikan Kebersihan Makanan

Jika Anda membeli makanan di luar, pastikan bahwa makanan tersebut bersih. Itu karena, selama musim hujan makanan jalanan lebih mudah ditularkan melalui udara dan air, sehingga Anda mudah terserang infeksi batuk ataupun pilek.

5.Rajin Cuci Tangan

Bakteri dan penyakit yang terbawa air seperti diare dan demam berdarah lebih aktif selama musim hujan karena lingkungan lembab, oleh karena itu penting untuk mencuci tangan sebelum makan atau menyentuh wajah.

6. Lindungi Lingkungan dari Nyamuk

Demam berdarah dan malaria umum terjadi selama musim hujan terutama karena nyamuk berkembang biak selama periode tersebut, jadi jangan lupa untuk menggunakan obat nyamuk.

Pastikan juga lingkungan Anda bersih, bebas dari genangan air, semak-semak, atau di mana pun nyamuk dapat berkembang biak. Jangan biarkan air menumpuk di dalam wadah di dalam dan di sekitar rumah tangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro