Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ramai! Tasyakuran Pernikahan Kaesang - Erina Libatkan Tukang Becak Hingga Pengamen Jalanan

Acara tasyakuran pernikahan Kaesang-Erina dikemas sebagai Festival Budaya di Solo.
Ileny Rizky
Ileny Rizky - Bisnis.com 10 Desember 2022  |  16:44 WIB
Ramai! Tasyakuran Pernikahan Kaesang - Erina Libatkan Tukang Becak Hingga Pengamen Jalanan
Presiden Jokowi bersama cucunya, Al Nahyan Nasution jelang akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Dok Biro Setpres RI.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono melibatkan berbagai kalangan masyarakat. Tak hanya menggaet tokoh petinggi negara, pernikahan putra presiden ini juga melibatkan tukang becak, penarik andong, hingga pengamen jalanan.

Acara tasyakuran pernikahan Kaesang-Erina dikemas sebagai Festival Budaya di Solo. Tasyakuran ini akan dilakukan pada Minggu (11/12/2022).

Ketua panitia pernikahan putra presiden RI Erick Thohir, mengatakan bahwa penarik becak dan andong ini akan diikutsertakan dalam rangkaian acara  yang akan dilaksanakan di sekitar Loji Gandrung dan Puro Mangkunegaran.

Selain itu, penarik becak akan mengangkut tamu undangan terutama bagi mereka yang tidak menggunakan shuttle bus dan tidak menginap di hotel. 

Tak hanya itu, sebanyak 400 becak dan 35 andong juga diikutsertakan dalam memeriahkan Festival Budaya rangkaian pernikahan Kaesang-Erina.

Andong dan becak tersebut nantinya akan ditempatkan di dua lokasi. Rencananya, lokasi yang dipilih ini adalah  Benteng Vastenburg dan Stadion Manahan. Lokasi ini ditunjuk lantaran tempat ini akan menjadi lokasi parkir tamu yang datang membawa kendaraan pribadi.

Sebagai informasi, jarak dari Benteng Vastenburg ke Puro Mangkunegaran adalah sekitar 1,2 km. Sedangkan Perjalanan dari Stadion Manahan ke Puro Mangkunegaran berjarak 3,2 km, memakan waktu sekitar 17 menit.

Setelah selesai prosesi ngunduh mantu di Loji Gandrung, prosesi selanjutnya adalah kirab. Kirab dilakukan dari Loji Gandrung menuju ke Pura Mangkunegaran, sebagai lokasi pesta atau resepsi.

Pada prosesi kirab, kedua mempelai akan menumpang kereta kencana yang akan dikusiri oleh Anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau Bhabinkamtibmas Polsek Kesugihan Polresta Cilacap, Aiptu Warsito.

Terdapat 12 kereta kuda yang dipersiapkan untuk acara kirab. Kemudian, khusus untuk kereta pengantin akan ditarik oleh enam ekor kuda. Sementara 11 kereta lainnya masing-masing menggunakan dua ekor kuda.

Selain itu, Kaesang-Erina juga telah mempersiapkan sebanyak 16 ribu paket makanan dan souvenir gratis yang akan dibagikan kepada masyarakat dalam proses kirab ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaesang Kaesang Pangarep Pernikahan Kaesang Erina
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top