9 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh (pixabay)
Health

Kandungan dan 9 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

Nuraini
Senin, 9 Januari 2023 - 15:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Susu kedelai selain memiliki rasa yang lezat ternyata juga memiliki banyak manfaat. Seperti namanya, susu ini terbuat dari kedelai yang diolah menjadi minuman menyehatkan. Lalu, apa saja manfaat susu kedelai? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

Kandungan Susu Kedelai

Susu kedelai memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut dikarenakan kandungan gizi yang ada di dalam susu kedelai cukup lengkap. Dalam satu gelas susu kedelai memiliki kandungan 100 kalori dan nutrisi lainnya seperti; karbohidrat, protein, serat dan lemak. 

Selain itu, susu kedelai juga memiliki banyak kandungan vitamin didalamnya seperti vitamin, A,B,D dan vitamin E. Ada juga kandungan kalsium, fosfor, zat besi dan antioksidan yang berperan penting untuk kesehatan tubuh. 

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan

Beragam kandungan nutrisi di dalam susu kedelai membuat minuman ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berdasarkan keterangan di Hellosehat dan Halodoc, berikut ini manfaat dari susu kedelai bagi kesehatan tubuh.

1. Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Salah satu manfaat susu kedelai bagi ibu hamil yaitu dapat mendukung perkembangan janin atau bayi. Kandungan asam folat sangat baik untuk membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan.

2. Manfaat Susu Kedelai Untuk Wajah

Susu kedelai juga memiliki manfaat untuk wajah diantaranya membantu melembabkan kulit, mengencangkan kulit, mengurangi keriput, mengurangi jerawat hingga mencerahkan kulit. Manfaat susu kedelai untuk kulit juga bisa digunakan untuk eksfoliasi sehingga tampak lebih bersih dan sehat. 

3. Manfaat Susu Kedelai Untuk Lambung

Susu kedelai ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan lambung. Susu kedelai bagus untuk kesehatan lambung karena memiliki kadar lemak yang rendah. Salah satu penyebab asam lambung naik yaitu karena konsumsi makanan yang tinggi lemak, sedangkan susu kedelai memiliki kandungan lemak yang rendah sehingga aman untuk lambung. 

4. Manfaat Susu Kedelai Bagi Wanita

Susu kedelai memiliki manfaat bagi wanita salah satunya dalam mengatasi gejala post menopause. Susu kedelai mampu mengatasi masalah kesehatan terutama setelah wanita dalam fase menopause. 

5. Manfaat Susu Kedelai Untuk Diet

Manfaat selanjutnya dari susu kedelai yaitu untuk membantu dalam menurunkan berat badan. Susu kedelai memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi. 

Protein dan serat yang tinggi sangat dianjurkan bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan. Kandungan tersebut akan lebih memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga bisa menghindarkan dari rasa lemas saat sedang menjalani diet.

6. Membantu untuk Menurunkan Kolesterol

Manfaat susu kedelai lainnya yaitu dapat membantu menurunkan kolesterol. Kandungan asam amino dan juga isoflavon sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Makanan yang rendah kolesterol akan membantu untuk terhindar dari penyakit stroke hingga jantung.

7. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Salah satu manfaat susu kedelai untuk pria yaitu membantu untuk mencegah dan menghambat sel kanker. Terutama kanker prostat pria. Manfaat susu kedelai bagi pria ini ditunjang oleh kandungan isoflavon yang ada di dalam susu kedelai.

8. Mencegah Anemia

Manfaat susu kedelai selanjutnya yaitu untuk mencegah anemia. Kandungan folat, zat besi serta vitamin B12 ini mengambil peranan penting untuk produksi sel darah merah. 

Susu kedelai ini kaya nutrisi yang membantu mencegah penyakit anemia terutama bagi orang yang sedang menjalani diet vegetarian.

9. Baik Untuk Kesehatan Tulang

Susu kedelai memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tulang. Tingkat kepadatan tulang semakin berkurang karena bertambahnya usia. Oleh karena itu, konsumsi susu kedelai ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari pengeroposan.

Itulah beberapa manfaat minum susu kedelai setiap hari yang baik untuk kesehatan. Susu kedelai bisa menjadi alternatif minuman sehat untuk Anda yang memiliki alergi susu sapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro