Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini Lho Bahayanya Jika Terlalu Banyak Makan Buah

Terlalu banyak makan buah juga bisa berbahaya pada kesehatan tubuh, ini perinciannya.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 18 Januari 2023  |  19:20 WIB
Ini Lho Bahayanya Jika Terlalu Banyak Makan Buah
Buah-buahan mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun, ada beberapa buah yang terlarang bagi penyakit tertentu. - Boldsky
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Baik itu orang gemuk atau diabetes, pasien jantung atau bahkan individu yang sehat, selalu diimbau untuk tidak kebanyakan mengonsumsi gula.

Ahli diet dan ahli gizi merekomendasikan buah-buahan sebagai alternatif yang lebih sehat untuk makanan manis. Alasannya, buah-buahan juga mengandung gula, tetapi itu adalah fruktosa, yakni gula alami yang lebih aman.

Namun, sama seperti kelebihan makanan tidak sehat itu buruk, kelebihan makanan sehat juga bisa menjadi bumerang.

Apalagi, diketahui jika beberapa buah memiliki kandungan gula yang rendah sementara ada juga yang memiliki terlalu banyak kalori yang dapat berbahaya bagi kesehatan.

Dalam kasus penderita diabetes, makan terlalu banyak buah dapat meningkatkan kadar gula darah secara drastis – sedangkan pada orang sehat, pesta makan buah dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan bahkan obesitas.

Di satu sisi, buah-buahan seperti apel atau beri dengan kandungan serat dan vitamin C menawarkan hidrasi secara alami, tetapi di sisi lain, memakannya terlalu banyak atau mencoba menggantinya dengan kelompok makanan lain bisa lebih berbahaya.

Seiring waktu, hal itu dapat mengakibatkan kekurangan nutrisi dan beberapa masalah kesehatan lainnya dalam jangka panjang.

Singkatnya, asupan buah yang berlebihan diketahui menyebabkan efek samping berikut:

  • Kadar gula darah tinggi
  • Penambahan berat badan
  • Kegemukan
  • Risiko diabetes tipe-2
  • Kekurangan Gizi
  • Gangguan pencernaan
  • Gas dan kembung
  • Sindrom iritasi usus (IBS)

Berapa banyak buah yang aman dimakan dalam sehari?

Menurut ahli nutrisi dan diet, idealnya, seseorang hanya boleh mengonsumsi empat hingga lima porsi buah dalam sehari dan itu pun berada di sisi atas.

Sehat atau tidak sehat, bagaimanapun, moderasi adalah kunci untuk makan dengan baik dan tetap sehat serta bebas penyakit. Selain buah-buahan, disarankan untuk makan banyak sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, protein nabati, dan daging tanpa lemak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buah Buah Apel Jus Buah buah impor sayur dan buah Buah Mangga
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top