Buah-buahan mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun, ada beberapa buah yang terlarang bagi penyakit tertentu./Boldsky
Health

Ini Lho Bahayanya Jika Terlalu Banyak Makan Buah

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 18 Januari 2023 - 19:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Baik itu orang gemuk atau diabetes, pasien jantung atau bahkan individu yang sehat, selalu diimbau untuk tidak kebanyakan mengonsumsi gula.

Ahli diet dan ahli gizi merekomendasikan buah-buahan sebagai alternatif yang lebih sehat untuk makanan manis. Alasannya, buah-buahan juga mengandung gula, tetapi itu adalah fruktosa, yakni gula alami yang lebih aman.

Namun, sama seperti kelebihan makanan tidak sehat itu buruk, kelebihan makanan sehat juga bisa menjadi bumerang.

Apalagi, diketahui jika beberapa buah memiliki kandungan gula yang rendah sementara ada juga yang memiliki terlalu banyak kalori yang dapat berbahaya bagi kesehatan.

Dalam kasus penderita diabetes, makan terlalu banyak buah dapat meningkatkan kadar gula darah secara drastis – sedangkan pada orang sehat, pesta makan buah dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan bahkan obesitas.

Di satu sisi, buah-buahan seperti apel atau beri dengan kandungan serat dan vitamin C menawarkan hidrasi secara alami, tetapi di sisi lain, memakannya terlalu banyak atau mencoba menggantinya dengan kelompok makanan lain bisa lebih berbahaya.

Seiring waktu, hal itu dapat mengakibatkan kekurangan nutrisi dan beberapa masalah kesehatan lainnya dalam jangka panjang.

Singkatnya, asupan buah yang berlebihan diketahui menyebabkan efek samping berikut:

  • Kadar gula darah tinggi
  • Penambahan berat badan
  • Kegemukan
  • Risiko diabetes tipe-2
  • Kekurangan Gizi
  • Gangguan pencernaan
  • Gas dan kembung
  • Sindrom iritasi usus (IBS)

Berapa banyak buah yang aman dimakan dalam sehari?

Menurut ahli nutrisi dan diet, idealnya, seseorang hanya boleh mengonsumsi empat hingga lima porsi buah dalam sehari dan itu pun berada di sisi atas.

Sehat atau tidak sehat, bagaimanapun, moderasi adalah kunci untuk makan dengan baik dan tetap sehat serta bebas penyakit. Selain buah-buahan, disarankan untuk makan banyak sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, protein nabati, dan daging tanpa lemak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro