Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Simak Manfaat Apel Hijau bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Apel hijau merupakan buah yang kandungan nutrisinya tinggi. Berikut sejumlah manfaat apel hijau yang perlu diketahui.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 18 Januari 2023  |  21:10 WIB
Simak Manfaat Apel Hijau bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
Inilah Manfaat Apel Hijau yang Jarang Diketahui / Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Manfaat apel hijau untuk kesehatan sangat beragam bagi kesehatan tubuh. Manfaat tersebut ditunjang oleh kandungan nutrisi yang lengkap.

Lantas, apa saja kandungan dan manfaat dari buah apel hijau? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Kandungan Apel Hijau

Apel hijau memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram apel hijau mengandung beberapa nutrisi di bawah ini.

  • Air : 84,1 g
  • Protein : 0,3 g
  • Energi : 58 kal
  • Lemak : 0,4 g
  • Serat : 2.6 g
  • Karbohidrat : 14,9 g
  • Abu : 0,3 g
  • Beta karoten : 30 mcg
  • Thiamin : 0.04 mcg
  • Karoten total : 90 mcg
  • Riboflavin : 0.03 mg
  • Vitamin C : 5 mg
  • Niacin : 0.1 mg

Selain nutrisi yang sudah disebutkan, apel hijau juga mengandung mineral, seperti; kalium, besi, natrium, fosfor, tembaga, seng dan kalsium. 

Manfaat Apel Hijau Untuk Ibu Hamil

Apel hijau ini merupakan buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berkat banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalam apel hijau ini membuatnya memiliki berbagai manfaat diantaranya untuk kesehatan ibu hamil. Berikut beberapa khasiat apel hijau untuk wanita hamil. 

1. Meredakan rasa mual dan muntah

Apel memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bisa membantu untuk meredakan rasa mual dan muntah yang menjadi gejala umum pada ibu hamil. 

Kandungan serat pada apel bisa memperlambat proses pencernaan sehingga apel bisa dijadikan sebagai pereda mual. Meskipun demikian, jangan berlebihan dalam mengkonsumsi apel karena justru juga berlebihan biasa menambah rasa mual. 

2. Mengurangi risiko cacat lahir

Khasiat apel hijau untuk ibu hamil lainnya yaitu bisa mengurangi risiko bayi lahir dalam kondisi cacat. Apel hijau memiliki kandungan asam folat ternyata memiliki peranan penting untuk bisa mengurangi risiko cacat lahir. 

3. Menambah energi

Biasanya ibu hamil seringkali merasa lemas. Oleh karena itu, ibu hamil bisa mengkonsumsi apel untuk menambah energi. Apel hijau Ini mengandung fruktosa, sukrosa, dan glukosa yang dapat menambah energi secara langsung. Meskipun demikian, konsumsi buah apel tidak boleh berlebihan. Ibu hamil harus mencukupi kebutuhan nutrisi harian lainnya dengan mengkonsumsi makanan sehat yang beragam. 

Manfaat Apel Hijau Untuk Wajah

Selain bermanfaat untuk ibu hamil, buah apel hijau juga dapat menunjang kesehatan wajah. Berikut ini beberapa manfaat dari apel hijau untuk wajah.

1. Mencerahkan kulit

Apel hijau ternyata bisa membuat kulit tampak lebih cerah dan juga dapat menenangkan kulit dari iritasi. Manfaat ini ditunjang oleh kandungan kandungan kolagen dalam buah apel yang baik untuk kesehatan kulit wajah. 

2. Anti penuaan

Manfaat buah apel hijau lainnya yaitu bisa mencegah penuaan dini. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menggunakan apel sebagai masker wajah. 

Itulah beberapa manfaat apel hijau untuk menunjang kesehatan tubuh. Selain manfaat yang sudah disebutkan, ada juga manfaat apel hijau lainnya, salah satunya manfaat apel hijau untuk diet. 

Apel hijau mengandung serat yang tinggi. Kandungan serat tersebut diketahui dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. sehingga bisa menjadi salah satu makanan sehat untuk Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.

Buah apel memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Akan tetapi, konsumsi apel berlebihan juga kurang baik. Anda harus tetap mengimbangi dengan makanan sehat lainnya dan menerapkan pola hidup sehat agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Buah Apel Apel tips sehat kesehatan kandungan gizi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top