Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Manfaat Sari Kurma Untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Maag

Sama seperti buah kurma, sari kurma juga memiliki banyak manfaat. Berikut manfaat sari kurma untuk menunjang kesehatan tubuh.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 22 Januari 2023  |  17:43 WIB
Manfaat Sari Kurma Untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Maag
Manfaat Sari Kurma Untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Maag / Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sari kurma adalah sari dari buah kurma yang dihaluskan. Teksturnya kental dan rasanya manis membuat banyak orang menyukai sari kurma.

Selain itu, sari kurma juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat sari kurma? Berikut penjelasannya.

Kandungan Sari Kurma

Sari kurma ternyata memiliki kandungan gizi yang tidak jauh berbeda dari buah kurma. Dilansir dari hellosehat.com, kandungan sari kurma setiap 20 gram, seperti berikut.

  • Kalori (59 g)
  • Lemak (0,1 g)
  • Karbohidrat (16 g)
  • Serat (1,7 g)
  • Protein (0,5 g)
  • Gula (13 g)
  • Natrium (0,4 mg)
  • Kalium (138 mg)
  • Kalsium (10 mg)

Manfaat Sari Kurma Untuk Kesehatan

Kandungan sari kurma yang lengkap membuat bahan makanan ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Melansir dari beberapa sumber, berikut sejumlah manfaat sari kurma untuk kesehatan. 

1. Melancarkan pencernaan

Berdasarkan penelitian dalam The British Journal of Nutrition (2015) diterangkan bahwa konsumsi sari kurma dapat melancarkan sistem pencernaan dengan cara mengurangi kadar amonia feses, membantu pertumbuhan mikrobiota usus, dan membantu pergerakan otot usus. 

2. Mengontrol kadar gula darah

Kandungan serat yang tinggi dari sari kurma dapat memperlambat penyerapan glukosa hasil pemecahan makanan sehingga kadar gula dalam darah tidak langsung tinggi. 

3. Melawan infeksi bakteri

Berdasarkan penelitian dalam Frontiers in Microbiology (2016) menunjukkan bahwa sari kurma mengandung antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri seperti Escherichia coli dan Staphylococcus aureus.

4. Mencegah alzheimer

Berdasarkan penelitian dalam Saudi Pharmaceutical Journal (2020) diketahui bahwa sari kurma dapat menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif seperti alzheimer dengan cara menurunkan penanda interleukin 6 dalam otak.

5. Mencegah hipertensi

Manfaat sari kurma untuk kesehatan lainnya yaitu dapat mencegah hipertensi. Manfaat ini diperoleh dari tingginya kandungan kalium dalam sari kurma. 

6. Mencegah maag

Manfaat sari kurma untuk asam lambung yaitu dapat mencegah maag. Berdasarkan penelitian dalam Middle East Journal of Digestive Diseases (2015) menunjukkan bahwa kurma dapat membantu meredakan nyeri akibat maag. Kandungan sari kurma berupa serat juga sangat baik untuk kesehatan lambung.

7. Mengatasi tukak lambung

Selain mencegah maag, manfaat sari kurma untuk lambung juga dapat mengatasi tukak lambung. Perlu diketahui bahwa tukak lambung adalah peradangan pada dinding lambung akibat produksi cairan asam lambung yang berlebihan. 

Berdasarkan penelitian Journal of Ethnopharmacology yang diaplikasikan pada tikus menunjukkan bahwa sari kurma berpotensi memperbaiki kerusakan lambung sebesar 60%.

Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Hamil

Selain bermanfaat untuk tubuh, sari kurma juga baik untuk kesehatan ibu hamil. Berikut ini beberapa manfaat sari kurma untuk ibu hamil. 

1. Memenuhi kebutuhan asam folat

Salah satu nutrisi penting bagi ibu hamil adalah asam folat. Kandungan asam folat ini juga terdapat dalam buah kurma. Dengan adanya kandungan ini, maka risiko bayi lahir cacat bisa dicegah. 

2. Memenuhi kebutuhan kalium

Saat trimester pertama, ibu hamil kerap mengalami muntah yang menyebabkan kadar kalium dalam tubuh menurun. Kandungan kalium dalam sari kurma bermanfaat dalam menjaga keseimbangan cairan dan mendukung fungsi sel selama masa kehamilan. 

3. Melimpahnya ASI

Sari kurma mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, terutama bagi ibu menyusui agar tidak mudah sakit. Tidak hanya itu, manfaat sari kurma untuk ibu menyusui juga dapat meningkatkan produksi ASI.

4. Mencegah sembelit

Hormon selama kehamilan menyebabkan saluran pencernaan ibu hamil melambat. Tingginya serat dalam sari kurma dapat memperlancar saluran pencernaan dan mencegah sembelit. 

5. Menurunkan risiko kelahiran prematur 

Ibu hamil beresiko tinggi mengalami anemia defisiensi besi. Manfaat sari kurma untuk ibu hamil dapat meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh sehingga risiko kelahiran prematur dan depresi pasca persalinan dapat berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kurma Manfaat tips sehat kesehatan kandungan gizi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top