Bruce Springsteen/Reuters
Entertainment

Para Musisi dengan Bayaran Termahal di Dunia, Paling Mahal Rp8,4 Triliun

Arlina Laras
Kamis, 9 Maret 2023 - 11:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang penasaran dengan jumlah bayaran yang diterima oleh musisi besar di dunia. 

Pasalnya, melalui kerja keras dan kualitas dari karya yang dihasilkan, mereka mampu menciptakan basis penggemar yang besar. 

Bahkan jika musisi tersebut jarang melakukan tur ataupun live, maka gelaran konser yang dirinya laksanakan makin eksklusif dan harga tiket yang dijual pun akan sangat tinggi. 

Tak heran, jika sejumlah musisi ini hidup mewah dengan fasilitas lengkap, hingga memiliki sejumlah barang yang berharga fantastis.

Melansir dari Rolling Stone, berikut 10 musisi dengan bayaran termahal per Januari 2022. Simak ulasannya. 

1. Bruce Springsteen, Rp8,4 Triliun

Springsteen menjual hak cipta penerbitan dan rekaman masternya ke Sony, rumah musik lamanya, senilai US$550 juta atau setara dengan Rp8,4 triliun pada Desember 2021. 

Springsteen resmi mencetak sejarah dunia karena sebagai musisi solo dia berhasil menjual katalog music solonya dengan nominal yang sangat besar. 

Kembalinya ke Broadway pada musim panas lalu, membuat pundi-pundi kekayaannya pun meningkat, seperti halnya dua proyek dengan Barack Obama: podcast Spotify berjudul Renegades dan buku dengan judul yang sama, yang berasal dari percakapan jujur dua ikon tentang segala hal mulai dari musik menjadi ayah. 

2. Jay-Z, Rp7,2 triliun

Jay-Z sebagai musisi hip hop ini berada di peringkat kedua, karena dia baru saja mencatat total pendapatan tahunan tertinggi dalam kariernya. 

Lantaran, bintang rap itu menjual 50 persen saham merek Champagne mewah miliknya, Armand de Brignac kepada LVMH seharga US$300 juta atau setara dengan Rp4,6 triliun. 

Tidak hanya itu, dia pun ikut melepaskan kepemilikan TIDAL, layanan streaming musik global pertama dengan suara fidelitas tinggi, kualitas video tinggi sebesar US$302 juta atau setara dengan Rp4,6 triliun ke Square. Portofolionya juga mencakup kemitraan dengan Puma dan Tiffany & Co.

3. Paul Simon, Rp4,01 Triliun

Penyanyi dan penulis lagu Paul Simon menjual seluruh katalog musiknya ke Sony Music Publishing sebesar US$260 juta atau sekitar Rp4,01 triliun sekitar Maret 2021 lalu.

Kesepakatan itu mencakup karya solo Simon serta hak atas lagu yang dia tulis sebagai bagian dari Simon dan Garfunkel. Pakta itu juga menyatukan hak penerbitannya dengan rekaman masternya sudah disimpan di Sony.

4. Kanye West, Rp3,8 Triliun

Kanye West memiliki pendapatan terbesar dari sepatunya yaitu Yeezy. Album baru Donda, yang dirilis pada bulan Agustus dan dinamai sesuai dengan nama mendiang ibu West - menjadi rekaman solo kesembilan berturut-turutnya yang menduduki puncak tangga lagu. Adapun, bayaran untuk karyanya pun sebesar US$250 juta atau sekitar Rp3,8 triliun. 

5. Ryan Tedder, Rp3,08 Triliun

Ryan Tedder merupakan frontman dari band One Republic menjual katalog lagu-lagunya seharga US$60 juta atau setara dengan Rp926 miliar pada 2017. Kemudian, selang beberapa tahun kemudian, KKR membeli sebagian besar hak ciptanya dengan harga US$200 juta atau setara dengan Rp3,08 triliun.

Vokalis OneRepublic ini memang menulis lagu hits seperti Adele, Taylor Swift, dan U2. Tedder terus menghasilkan di tempat lain: OneRepublic merilis Human, album studio kelimanya, pada bulan Agustus 2021. 

6. Red Hot Chili Peppers, Rp2,1 Triliun

Band rock ini menjual katalog penerbitan mereka ke Hipgnosis pada Mei 2021. Band ini menghasilkan sekitar US$140 juta atau setara dengan Rp2,1 triliun untuk kumpulan lagu-lagu yang telah ditulis sepanjang karier mereka.

7. Lindsey Buckingham, Rp1,5 Triliun

Bersama dengan Stevie Nicks yang juga teman sekaligus rekan band Fleetwood Mac-nya. Lindsey menjual lebih dari 160 lagu, salah satunya dengan menjual kredit penulisan lagu“Go Your Own Way”. 

Kesepakatannya menghasilkan US$100 juta atau setara dengan Rp1,5 triliun pada akhir tahun 2020. 

8. Mötley Crüe, Rp1,3 Triliun

Mötley Crüe adalah band heavy metal Amerika yang dibentuk di Hollywood, California pada tahun 1981. Grup ini didirikan oleh bassis Nikki Sixx, drummer Tommy Lee, gitaris utama Mick Mars dan penyanyi utama Vince Neil. Mötley Crüe telah menjual lebih dari 100 juta album di seluruh dunia

Sejauh ini, Mötley Crüe dikabarkan menjual rekaman master band-nya sebesar US$90 juta atau setara dengan Rp1,3 triliun ke BMG. Tentu, ini adalah penghasilan yang terbilang besar, mengingat band aliran heavy-metal ini bertahan sampai sekarang. 

9. Blake Shelton, Rp772 Miliar

Blake Shelton merupakan satu-satunya penyanyi country di daftar ini. Shelton mendapatkan sekitar US$50 juta atau setara dengan Rp772 miliar untuk penjualan katalog miliknya. Dia juga menambah penghasilannya sebagai juri di The Voice dan dibayar US$13 juta atau sekitar Rp200 miliar per season.

10. Taylor Swift, Rp1,2 Triliun

Baru-baru ini Forbes mengeluarkan daftar nama selebritis dengan bayaran termahal di dunia, ternyata ada yang berbeda dari daftar tersebut. Taylor Swift telah merekam ulang album lamanya dan merilisnya untuk mendapatkan kembali hak miliknya. Red (Taylor's Version) dan Fearless (Taylor's Version) menjadi album nomor dua dan nomor empat dalam hal total penjualan pada tahun 2021.

Penyanyi berusia 33 tahun ini berhasil dinobatkan menjadi selebritas termahal di dunia dengan bayaran mencapai U$80 juta atau Rp1,2 triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro