Makanan Khas Cirebon/iStockphoto
Kuliner

Ini 6 Makanan Khas Cirebon yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Hana Fathina
Sabtu, 29 April 2023 - 13:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu zaman kerajaan terhadap makanan khas Cirebon adalah banyaknya makanan yang menggunakan daging dan berbagai macam sayuran bahan utama serta garam sebagai bumbu penyedap karena masakan dengan daging dan sayur dianggap sebagai menu yang mewah dan hanya bisa dikonsumsi oleh bangsawan yang tinggal di sekitar kerajaan sedangkan garam adalah dagangan yang cukup berharga. 

Salah satu makanan khas Cirebon sudah banyak dijual di berbagai kota lainnya. Namun, bagaimanapun juga masakan di daerah asalnya tentu memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dengan yang dijual di kota lain. 

Rekomendasi Makanan Khas Cirebon:

  1. Nasi Jamblang
    Cita rasa khas dan berbagai macam lauk yang bisa kamu pilih sendiri membuat makanan khas Cirebon yang satu ini sangat dikenal sehingga menjadi ciri khas kota Cirebon. Yang membuat nasi jamblang Cirebon berbeda dengan kuliner dari daerah lain adalah pembungkus yang digunakannya. Nasi jamblang dengan daun jati atau daun pisang. Pembungkusan dengan daun jati ini menghasilkan aroma yang sangat menggoda sehingga setiap orang wajib mencobanya. 
  2. Empal Gentong 
    Makanan khas Cirebon ini terbuat dari daging yang direbus di dalam gentong atau kuali dari tanah liat. Tekstur daging ini sangat lembut sehingga mudah untuk dimakan. Meskipun sekilas mirip gulai, empal gentong Cirebon memiliki cita rasa yang berbeda dengan gulai karena penggunaan kombinasinya rempah yang berbeda. 
  3. Bubur Sop Ayam Cirebon 
    Meskipun Namanya bubur, sebenarnya nasi yang digunakan tidak benar-benar lembut seperti bubur namun lebih seperti nasi tim. Kuliner ini disajikan dengan menyiram nasi dengan sop ayam. Di dalam sop ayam tersebut terdapat sayur, suwiran ayam, daun bawang, bawang goreng dan diberi kerupuk. 
  4. Nasi Lengko
    Nasi lengko mudah ditemukan di berbagai sudut kota Cirebon. Isinya sangat sederhana, yaitu nasi putih dengan tahu, tempe goreng yang dipotong kecil-kecil, sayuran, dan bawang goreng yang gurih. Makanan khas cirebon ini semakin enak disantap dengan sambal kacang dan sedikit kecap asin, serta kerupuk atau emping. 
  5. Ketoprak
    Perbedaan khas Betawi dan Cirebon adalah bumbu kacang. Dibalut dengan bumbu kacang yang gurih dan manis, ketoprak Cirebon bisa membuat lidah bergoyang dengan ragam campuran lauknya, mulai dari ketupat atau lontong, tahu goreng, bihun, lontong, mentimun dan telur dadar. 
  6. Pedesan Entok 
    Makanan khas cirebon ini menggunakan bahan dasar entok yang dimasak dengan aneka rempah, seperti cabai, lada, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, serai, dan daun salam dan kayu manis. Selain entok, pedesan ini bisa menggunakan daging ayam. Tetapi, biasanya daging entok lebih disukai karena mudah menyerap bumbu dan tidak mudah hancur. 
  7. Docang 
    Makanan yang satu ini mirip dengan lontong sayur. Dengan kuah santan kemerahan, kamu bisa menikmati lontong, tauge, daun singkong dan oncom dalam satu piring. Rasa docang memang tidak terlalu pedas, tapi rasa segar timbul di lidah karena menggunakan kuah dage yang panas. 
  8. Tahu Gejrot 
    Makanan khas Cirebon ini menggunakan tahu sebagai bahan dasar. Proses pembuatannya juga cukup sederhana, tahu pong yang sudah dipotong kecil disiram dengan kuah asam, pedas dan manis, bawang merah dan putih, cabai rawit dan gula merah. Biasanya tahu gejrot disajikan dalam mangkuk kecil. 
  9. Rujak Kangkung 
    Bahan utama yang digunakan untuk makanan ini adalah kangkung. Kangkung direbus dan disiram dengan bumbu rujak yang sudah dicampur dengan terasi udang khas Cirebon. Meskipun mirip dengan plecing kangkung, rujak kangkung dari Cirebon ini berbeda. Warna sambal yang disiram berwarna merah, tidak seperti plecing kangkung yang dikonsumsi dengan sambal kacang. 
  10. Gado-gado Ayam 
    Di Cirebon, gado-gado ini ditambahkan dengan gulai kari ayam. Kamu perlu membuktikan kelezatan gado-gado ayam khas Cirebon, kamu bisa langsung mencobanya. Karena gulai kari ayam memiliki rasa gurih yang khas, maka pastinya cita rasa yang kamu rasakan lebih berwarna. 


Itulah beberapa makanan khas Cirebon yang tidak boleh kamu lewatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro