Edema, kondisi jari membengkak
Health

Kenali Penyebab Edema atau Jari Membengkak Seperti yang Dialami Raja Charles III

Salma Permata Dewi
Senin, 8 Mei 2023 - 16:43
Bagikan

8. Infeksi

Mirip dengan cedera, respons peradangan adalah bagian penting dari proses penyembuhan saat terjadi infeksi. Infeksi dapat menyebabkan berbagai macam gejala, tergantung pada jenis dan tingkat keparahan infeksi. Infeksi pada persendian jari, lengan dan tangan dapat menyebabkan jari bengkak.

Infeksi pada jari, tangan, atau bagian tubuh lainnya bisa menjadi serius dan memerlukan perhatian medis segera. Perawatan mungkin melibatkan obat-obatan tetapi pada akhirnya tergantung pada infeksi.

9. Sindrom terowongan karpal

Carpal tunnel syndrome terjadi ketika saraf median yang mengalir melalui bagian tengah tangan menjadi tertekan.

Saraf ini memengaruhi perasaan di ibu jari, telunjuk, tengah, dan jari manis. Jari yang bengkak belum tentu merupakan gejala yang menentukan dari carpal tunnel syndrome. Namun, menurut National Institute of Health (NIH), beberapa orang melaporkan merasa jari mereka bengkak.

10. Radang sendi

Arthritis adalah kondisi peradangan yang ditandai dengan rasa sakit, bengkak, dan kaku pada persendian. Dua bentuk arthritis yang paling umum termasuk osteoarthritis (OA) dan rheumatoid arthritis (RA). Arthritis umumnya ditemukan pada persendian tangan, yang dapat menyebabkan pembengkakan yang signifikan pada jari.

Pengobatan radang sendi dapat mencakup obat antiinflamasi, terapi fisik, dan, dalam beberapa kasus, pembedahan. Makan diet tinggi makanan anti-inflamasi dapat membantu menjaga peradangan turun.

11. Tendonitis

Tendonitis adalah kondisi peradangan yang terjadi ketika tendon meradang, menyebabkan pembengkakan, nyeri, dan nyeri tekan. Tendonitis umumnya mempengaruhi tendon bahu, lengan, dan kaki. Ada tiga jenis tendinitis yang bisa menyebabkan pembengkakan pada jari tangan, yakni tenosynovitis De Quervain, trigger finger, dan trigger thumb. Jenis tendinitis ini secara khusus memengaruhi tendon di jari.

12. Radang kandung lendir

Bursitis adalah kondisi peradangan lainnya. Ini disebabkan oleh peradangan pada kantung berisi cairan yang mengelilingi persendian. Radang kandung lendir cenderung memengaruhi bursa sendi yang lebih besar, seperti di kaki, lengan, atau pinggul. Terapi dingin sangat membantu dalam mengurangi peradangan dan nyeri akibat bursitis.

Terapi fisik dan obat suntik juga dapat digunakan untuk kasus yang lebih kronis. Dalam beberapa kasus, pembedahan dapat digunakan untuk mengeringkan bursae yang meradang.

13. Asam urat

Asam urat adalah suatu kondisi yang terjadi ketika kadar asam urat yang tinggi menumpuk di dalam tubuh dan membentuk kristal di persendian. Normalnya, tubuh mengeluarkan asam urat melalui urin, namun penurunan fungsi ginjal dapat meningkatkan kadar asam urat dan memicu asam urat. Meskipun asam urat umumnya menyerang kaki, penyakit ini juga dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri pada persendian jari.

Asam urat umumnya memerlukan intervensi dini untuk mencegahnya menyebar atau menjadi kronis. Obat yang membantu mengurangi rasa sakit dan menurunkan kadar asam urat sering diresepkan terlebih dahulu. Ulasan yang diterbitkan pada tahun 2017 juga menemukan bahwa pengurangan berat badan, modifikasi pola makan, dan penurunan asupan alkohol juga dapat mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan serangan asam urat.

14. Penyakit sel sabit

Penyakit sel sabit atau anemia sel sabit adalah kondisi genetik langka yang memengaruhi fungsi sel darah merah. Penyakit ini menyebabkan sel darah merah berbentuk “sabit” yang mengalami kesulitan beredar dengan baik ke seluruh tubuh. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Trusted Source, salah satu gejala pertama penyakit sel sabit adalah sindrom tangan-kaki yang dapat menyebabkan pembengkakan pada jari.

15. Skleroderma

Scleroderma sistemik adalah kondisi autoimun yang biasanya ditandai dengan perubahan pada kulit. Itu juga dapat menyebabkan perubahan pada jaringan ikat tubuh dan organ. Salah satu gejala awal skleroderma adalah pembengkakan pada tangan dan jari, terutama pada pagi hari setelah bangun tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro