11 Makanan Khas Bogor yang Populer dan Banyak Dicari - asinan buah (instagram.com_memasakdanmemasak)
Kuliner

Simak 11 Makanan Khas Bogor yang Populer dan Banyak Dicari

Nuraini
Kamis, 11 Mei 2023 - 19:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tak hanya mempunyai julukan sebagai kota hujan, Bogor juga penuh dengan segudang cemilan. Makanan khas Bogor bahkan sering diburu wisatawan menjadi oleh-oleh. 

Rata-rata wisatawan lebih memilih makanan ringan atau kue untuk dijadikan sebagai buah tangan. Apa saja makanan ringan dari bogor yang rasanya enak? Simak rekomendasinya berikut ini. 

Makanan khas Bogor yang Terkenal

  • Asinan Buah

Asinan merupakan salah satu makanan khas Bogor yang paling terkenal. Tempat paling recommend untuk mendapatkan asinan adalah di toko Asinan Sedap Gedung Dalam. Anda bisa mendapatkan satu porsi asinan buah segar dengan rentang harga Rp18.000 – Rp28.000.

  • Kacang Bogor

Selanjutnya, makanan khas Bogor adalah Kacang Bogor. Kacang khas Kota Hujan ini berbeda dengan kacang dari daerah lain. Kacang bogor berupa kacang berwarna ungu yang biasanya disajikan dengan cara digoreng. Untuk memperkaya rasa, kacang bogor dibumbui dengan bubuk balado, keju, dan lainnya.

  • Kue Cubit

Cemilan khas Bogor populer selanjutnya ada kue cubit. Kue Cubit khas Bogor tersedia dalam berbagai macam rasa. Mulai dari rasa original hingga rasa-rasa unik seperti bubble gum atau permen karet. 

  • Gemblong

Gemblong merupakan makanan ringan khas Bogor yang terbuat dari campuran beras ketan dengan parutan kelapa. Kedua bahan itu dikukus lalu kemudian ditumbuk hingga padat yang selanjutnya digoreng. Gemblong disajikan dalam balutan gula merah cair sebagai pelengkapnya.

  • Pepes Pisang Sagu

Dilihat dari namanya, cemilan khas Bogor ini terkesan unik. Sesuai namanya, pepes pisang sagu terbuat dari campuran pisang dengan sagu yang dimasak dengan cara dipepes alias dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar. 

Apabila ingin mencicipi cemilan ini, Anda bisa datang ke Pepes Pisang Sagu Daniel di Bogor Timur. Di sana Anda bisa temui varian lain dari cemilan ini, seperti pepes sagu nangka, pepes sagu pisang coklat, dan pepes sagu pisang keju.

  • Pisang Aroma

Olahan pisang kali ini terbilang cukup sederhana. Pisang Aroma merupakan kulit lumpia yang diberi isi pisang dan coklat yang kemudian digoreng. Harga dari cemilan khas bogor yang satu ini sangat ramah di kantong. Untuk 1 pcsnya Anda hanya perlu merogoh kocek Rp1.000 saja.

  • Mochi Bogor

Makanan khas Bogor yang ke tujuh adalah Mochi Bogor. Mochi terbuat dari tepung beras yang dibentuk bulat dan diberi isian dengan berbagai varian, seperti nanas, talas, pala, stroberi, coklat hingga kacang. Moci juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Bogor yang wajib kalian bawa pulang.

Makanan Kering Khas Bogor

Selain kue-kue basah, ada juga beberapa makanan kering yang berasal dari Bogor. Berikut pilihan makanan khas Bogor yang tahan lama. 

  • Roti Unyil

Roti unyil adalah roti khas Bogor yang memiliki ukuran seperti unyil alias berukuran mini. Ragam isian dari roti unyil yang dapat ditemui berupa coklat, coklat kacang, keju, sosis, dan abon serta masih banyak varian rasa lainnya.

  • Roti Gamblang

Roti gamblang merupakan makanan ringan khas Bogor berupa roti dengan taburan wijen diatasnya. Terdengar sederhana, namun roti ini menjadi salah satu kuliner legendaris khas Bogor.

  • Lapis Talas

Kue lapis ini memiliki bahan utama yang cukup unik. Tambahan talas sebagai bahan utamanya menjadikan lapisan kue ini berwarna ungu. Lapis talas biasa diberi topping pelengkap berupa keju parut.

  • Pie Talas

Setelah berinovasi dengan lapis talas, di Bogor juga ada pie talas. Sesuai namanya, pie talas memiliki isian berupa talas yang berwarna ungu. Beberapa toko kue di Bogor juga menyediakan pie dengan isian lain seperti stroberi, coklat, susu, dan lainnya.

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Bogor, tak hanya makanan berat namun juga ada makanan ringan dan jajanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro