Pilihan Makanan Khas Malang, Wajib Untuk Dicoba - pecel pincuk (instagram.com_hayuk.mamam)
Kuliner

10 Rekomendasi Makanan Khas Malang untuk Wisatawan

Nuraini
Sabtu, 13 Mei 2023 - 04:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bakso Malang menjadi salah satu makanan khas Malang yang terkenal enak.

Tidak hanya bakso malang, ternyata masih banyak kuliner enak di Malang yang harus dicicipi kalau Anda berkunjung kesana. Apa saja makanan khas tersebut? Simak selengkapnya disini.

Rekomendasi Makanan Khas Malang

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan khas kota Malang selain bakso Malang.

  • Sate Landak

Makanan khas Malang yang satu ini cukup populer dan ekstrem. Sesuai dengan namanya, sate ini terbuat dari daging landak. Cara memasaknya sama seperti sate pada umumnya yakni daging landak dipotong-potong, ditusuk dan dibakar. Bumbu penyajiannya disiram dengan bumbu kacang gurih dan enak. 

  • Sate Kelinci

Tidak hanya sate landak, sate kelinci juga terbuat dari daging kelinci asli. Kuliner khas malang ini menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke kota Malang, terutama di kota Batu. 

Sama seperti sate pada umumnya, bumbunya terbuat dari bumbu kacang. Lebih lezat dinikmati dengan sepiring nasi hangat atau lontong. 

  • Pecel Pincuk

Pecel pincuk termasuk makanan legendaris malang yang sering dijajakan di warung-warung kota Malang. Pecelnya di pincuk atau diberi alas daun pisang dengan ditusuk lidi di salah satu sisinya. Isinya bisa berupa sayur bayam, kacang panjang, tauge disertai guyuran sambal kacang. 

Pembeda pecel pincuk khas Malang dengan daerah lainnya yakni terdapat tambahan mentimun iris, daun kemangi, dan remahan rempeyek kacang. Lauknya pun dapat berisi telur dadar, tempe goreng, tahu goreng ataupun bakwan goreng. 

  • Mendol

Makanan khas Malang selanjutnya adalah Mendol. Biasanya mendol menjadi lauk pecel dan rawon. Mendol adalah makanan berbahan dasar tempe yang diolah dengan berbagai bumbu sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih.  

  • Rawon Khas Malang

Rawon menjadi Makanan khas daerah Jawa Timur, tidak terkecuali Malang. Keunikan dari rawon yakni kuahnya yang berwarna hitam dengan cita rasa gurih. Hitam kuahnya berasal dari kluwek. 

Rawon khas Malang berisi sandung lamur dan daging sapi yang sudah diiris kecil. Biasanya dilengkapi juga dengan taburan tauge dan telur asin. 

  • Bakpao Boldy

Bakpao Boldy sudah terkenal di kota Malang. Dinamakan dengan bakpao boldy karena dahulu lokasi jualan bakpao ini berada di jalan Mangunsarkoro Malang atau Jalan Boldy. 

Kalau Anda berkunjung ke Malang, sempatkan diri untuk membeli jajanan khas Malang yang satu ini. Pasalnya, bakpao boldy terbuat dari bahan pilihan yang dibuat oleh ahli pembuat bakpao. Tekstur yang dihasilkannya empuk, lembut dan berwarna putih bersih. 

  • Tahu Lontong Lonceng

Makanan legendaris Malang yang satu ini patut Anda coba kalau sedang berada di Malang. Cocok dimakan saat sarapan. Cita rasanya gurih bercampur manis karena bumbu kacangnya yang dicampur dengan bumbu petis. 

  • Orem-orem Khas Malang

Makanan khas Malang selanjutnya adalah orem-orem. Terbuat dari potongan tempe goreng dan ayam yang diguyur dengan kuah santan kuning dengan cita rasa gurih. Biasanya dimakan dengan tambahan lontong atau ketupat dan tauge. 

  • Cwi Mie Khas Malang

Kuliner khas Malang ini terbuat dari mie gepeng tipis yang disajikan dengan kuah bening. Kuah beningnya dibuat dengan menggunakan kaldu ayam dengan resep khas. Biasa dimakan dengan topping ayam giling, pangsit goreng, bawang goreng dan daun bawang.   

  • Nasi Pecel Kawi Malang

Nasi pecel kawi menjadi salah satu makanan khas Malang yang terkenal. Di dalamnya terdapat bayam kukus, potongan kacang panjang, tauge, irisan mentimun, daun kemangi, dan rempeyek kacang dengan dilumuri saus bumbu kacang. Terdapat toping seperti telur bacem, telur dadar, tempe goreng, tahu goreng, bakwan, ati ampela, dan kerupuk. 

Itulah rekomendasi makanan khas Malang yang wajib kamu coba saat berlibur di Kota Malang, Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro