9 Makanan Khas Melayu dengan Cita Rasa yang Gurih (freepik)
Kuliner

9 Rekomendasi Makanan Khas Melayu yang Anti Mainstream

Nuraini
Sabtu, 13 Mei 2023 - 18:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Makanan khas Melayu memiliki rasa khas yang gurih dari santan. Makanan ini populer di beberapa negara seperti Malaysia, Indonesia, Singapura, dan negara Asia lainnya.

Lantas, apa saja makanan Melayu? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

Rekomendasi Makanan Khas Melayu 

Ciri khas makanan khas Melayu adalah pemakaian banyak bumbu dan rempah. Beberapa diantaranya termasuk cabai, serai, jahe, bawang merah, bawang putih, kunyit dan lain sebagainya. Semua rempah tersebut jadi ciri khas makanan Melayu. Berikut beberapa makanan khas Suku Melayu yang rasanya enak.

1. Kue Asidah

Kue ini adalah makanan khas Melayu Riau yang kaya rempah. Kue asidah memakai kayu manis, cengkeh, dan daun pandan. Cara buatnya dikukus selama 20 menit. Uniknya, kue ini biasanya disajikan dengan bawang goreng. Rasanya manis gurih dengan tekstur kenyal yang khas. 

2. Cencalok

Makanan khas Melayu selanjutnya adalah cencalok. Cencalok adalah makanan suku Melayu yang tinggal di sekitar Riau sampai Kalimantan Barat. Makanan ini mengandung protein tinggi dari fermentasi udang yang gurih. Cencalok dimasak dalam waktu lama dengan campuran garam kasar dan disimpan sampai 20-30 hari. 

3. Mie sagu

Mie sagu adalah makanan khas Riau Melayu yang gurih. Campuran mie sagu ini ditambah teri, daun kucai, dan tauge. Biasanya sagu dibuat jadi papeda, tapi bisa juga dibuat jadi Mie. Rasa makanan ini khas dengan tekstur kenyal yang mudah dikunyah. 

4. Sup Tunjang

Saat bepergian ke Sumatra, maka Anda bisa menemukan sup tunjang di beberapa restoran. Pada dasarnya tunjang adalah kikil yang disajikan dengan kuah yang kaya rempah. Isinya adalah jage, cengkeh, bawang merah, dan bawang putih.  

  1. Nasi Minyak

Kuliner khas Melayu lainnya adalah nasi minyak. Makanan dengan bahan dasar nasi ini memakai rempah yang banyak dan tambahan santan. Bumbu tersebut membuat tekstur nasi lebih berminyak yang enak. Nasi ini populer tidak hanya di Indonesia tapi juga di Malaysia. Yang membuat rasanya beda adalah pemakaian minyak samin yang gurih. 

6. Gulai Rampai

Makanan Melayu ini cocok disantap bersama nasi. Gulai Rampai memakai rempah yang kaya dengan tambahan berbagai sayuran. Beberapa diantaranya termasuk terong, kacang panjang, rimbang. petula, kincung, dan udang kering. Sehingga, selain kaya rasa juga sangat bernutrisi. 

7. Keropok Lekor

Makanan Melayu banyak memakai lauk ikan. Salah satunya adalah makanan keropok lekor yang terbuat dari sagu dan ikan laut. Semua bahan diblender dengan tambahan rempah, kemudian dibentuk dan digoreng. Jadi, Anda bisa merasakan makanan goreng dengan rasa yang unik. 

8. Laksa

Laksa adalah makanan berkuah dengan campuran sayur dan santan. Beberapa negara di Melayu memiliki versi mereka tersendiri untuk makanan ini. Jenis laksa yang paling populer adalah laksa Singapore, laksa Sarawak, dan laksa Indonesia. Di Indonesia, Anda bisa menemukan laksa Bogor dan laksa Betawi dengan campuran berbeda-beda. Ada yang memakai serundeng, udang rebon, fish cake dan lain-lain. 

9. Asam Pedas

Terakhir, makanan khas Melayu adalah asam pedas. Indonesia memperkenalkan makanan Melayu dengan campuran rasa asam, pedas, dan segar. Anda bisa memakai berbagai ikan dan seafood seperti ikan tongkol, cumi atau tuna dengan asam jawa, cabai dan rempah lainnya. Ciri khasnya gurih tapi tidak memakai santan. 

Demikianlah beberapa makanan khas Melayu yang kaya rasa. Berkat pemakaian rempah yang berani, membuat makanan tersebut memiliki rasa gurih yang kental. 

Anda bisa menemukan makanan dari Melayu di Semenajung Sumatra dan beberapa negara skitar seperti Malaysia. Sempatkan untuk mencicipi makanan tradisional Melayu karena semakin sulit menemukannya. Cara buatnya perlu proses lama sehingga semakin jarang orang membuatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro