Makanan Khas Jambi, Rasanya Tidak Mengecewakan - tempoyak/Instagram.com @tempoyakjiwakacau
Kuliner

9 Makanan Khas Jambi yang Tidak Boleh Terlewatkan

Nuraini
Jumat, 19 Mei 2023 - 15:17
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Terdapat beberapa pilihan makanan khas Jambi yang rasanya populer. Bahkan, makanan-makanan tersebut sering dicari wisatawan yang datang ke provinsi di Pulau Sumatera ini.

Untuk Anda yang sedang berkunjung ke Provinsi Jambi, jangan lupa untuk mencicipi makanan Jambi berikut ini.

Daftar Makanan Khas Jambi

1. Tempoyak

Salah satu makanan khas Jambi adalah tempoyak. Makanan ini terbuat dari fermentasi udang yang diolah bersama bumbu khas.

Makanan ini sangat unik karena didalamnya terdapat durian yang sudah difermentasi. Hal inilah yang membuat tempoyak memiliki aroma dan rasa yang khas. Biasanya, tempoyak dinikmati bersama nasi hangat dan lauk lainnya.

2. Daging Masak Hitam

Makanan tradisional Jambi ini mirip dengan semu karena warna kuahnya sama-sama hitam. Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari daging yang dimasak bersama bumbu khas.

Daging masak hitam memiliki rasa manis gurih dari kecap dan santan yang dicampurkan bersama bumbu-bumbu lainnya. Setelah matang, makanan ini memiliki tekstur empuk dengan kuah kental.

3. Nasi Gemuk

Makanan khas Jambi selanjutnya adalah nasi gemuk. Nasi gemuk merupakan makanan daerah Jambi yang terbuat dari nasi dan beragam lauk pendamping. Sekilas, nasi gemuk mirip dengan nasi uduk khas Betawi.

Hanya saja, pada nasi gemuk tidak menggunakan emping seperti nasi uduk. Rasa makanan ini gurih dan mengenyangkan, sangat cocok dinikmati untuk sarapan.

4. Kue Padamaran

Makanan khas dari Jambi lainnya yaitu kue padamaran. Kue ini terbuat dari tepung beras dan ketan. Rasanya gurih dan teksturnya lembut seperti bubur sumsum.

Kue ini memiliki warna hijau yang berasal dari daun suji. Makanan ini sangat cocok dinikmati bersama teh atau kopi hangat di sore hari.

5. Bolu Kojo

Tak hanya kue padamaran, jajanan khas dari Jambi lainnya yaitu bolu kojo. Makanan ini biasanya disajikan di acara atau pesta adat. Selain itu, kue ini juga dapat dinikmati bersama teh manis hangat. Untuk Anda yang sedang berkunjung di Jambi, jangan lupa membeli bolu kojo untuk buah tangan.

6. Mie Celor

Mie celor merupakan makanan khas Jambi yang terbuat dari tepung terigu dan disajikan bersama sayuran, daging, dan telur. Setelah itu, seluruh bahan mie celor disiram dengan kuah santan hangat. Kuah mie ini tidak terlalu kental, namun rasanya tetap nikmat dan bisa membuat ketagihan.

7. Kue Putri Kandis

Jajanan tradisional dari Jambi lainnya yaitu kue putri kandis. Makanan ini memiliki penampilan yang menarik karena terdapat beberapa lapis dengan warna yang berbeda. Kue ini biasanya disajikan pada acara adat di Jambi atau acara penting lainnya.

8. Kue Kubang Boyo

Makanan khas Jambi lainnya yang wajib dicicipi saat berkunjung ke provinsi ini yaitu kue kubang boyo. Kue ini terbuat dari tepung ketan. Nantinya, adonan ketan akan dibentuk menyerupai punggung buaya yang muncul dipermukaan air.

Di dalam kue ini terdapat gula merah dan kelapa parut yang membuat rasanya semakin nikmat. Setelah matang, kue ini disajikan bersama kuah santan atau fla. Rasa yang manis dan tekstur kenyal membuat banyak orang menyukai makanan ini.

9. Rambutan Goreng

Anda mungkin sudah tidak asing dengan buah rambutan. Buah dengan rasa manis ini memiliki banyak penggemar. Tapi, tahukah Anda kalau ternyata ada makanan rambutan goreng?

Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari buah rambutan yang digoreng. Camilan khas Jambi ini sangat unik dan rasanya enak. Anda juga bisa membelinya sebagai oleh-oleh karena tahan lama. 

Itulah sembilan makanan khas Jambi yang lezat dan wajib untuk kamu coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro