Seorang perempuan sedang bersendawa. Sendawa bisa menjadi tanda gangguan sistem saraf pada tubuh./Eat This
Health

Ini 7 Tips Menghilangkan Sendawa yang Berlebihan

Sabina Arla Yogandini
Kamis, 1 Juni 2023 - 07:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bersendawa adalah cara alami tubuh untuk mendetoksifikasi atau membuang gas berlebih sehingga bersendawa merupakan hal yang normal bagi setiap orang.

Dilansir dari Healthline, Rabu (31/5/2023), sendawa merupakan hasil dari udara yang tertelan yang menumpuk di kerongkongan, tabung yang menghubungkan tenggorokan ke perut.

Adapun hal itu terjadi karena kebiasaan Anda yang suka minum atau makan terlalu cepat, berbicara saat Anda makan, mengunyah dengan gigi palsu yang tidak pas, mengonsumsi minuman berkarbonasi, merokok, mengisap permen yang keras, dan mengunyah permen karet.

Selain itu, adapun gejala lainnya yang meliputi aerophagia yang dapat terjadi saat Anda menelan udara karena gugup, radang lapisan perut, GERD, dan refluks asam yang dapat meningkatkan frekuensi menelan. Sendawa yang terjadi secara terus-menerus atau berlebihan dapat mengganggu orang-orang di sekitar Anda.

Simak beberapa tips sederhana untuk mengatasi sendawa:

1. Kurangi minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi seperti soda dan air soda mengandung gas karbon dioksida yang dapat memicu sendawa. Namun, Anda tetap bisa mengonsumsi minuman berkarbonasi dengan meminumnya secara perlahan sehingga gas dapat keluar sebelum ditelan.

2. Makan dan minum secara perlahan

Sendawa dapat disebabkan oleh kebiasaan makan dan minum Anda yang terlalu cepat. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengunyah makanan dengan seksama sebelum menelannya. Mengunyah makanan yang Anda konsumsi dengan baik akan membantu memecah makanan sehingga proses pencernaan Anda lancar.

3. Hindari permen tinggi gula

Ternyata, kebiasaan Anda yang suka memakan permen karet menyebabkan Anda lebih sering bersendawa karena Anda menelan udara. Jika Anda bersendawa terus-menerus, cobalah untuk mengurangi kebiasaan ini atau pilih alternatif yang bebas gula.

4. Jauhi makanan pemicu sendawa

Adapun makanan yang memicu sendawa berlebihan atau terus-menerus seperti kacang-kacangan, lentil, kubis, bawang, dan rempah-rempah. Jika Anda mencurigai bahwa makanan tertentu dapat menyebabkan sendawa berlebihan, pertimbangkan untuk mengurangi tingkat konsumsi tersebut.

5. Pertahankan postur tubuh yang baik saat makan

Biasakan diri Anda untuk duduk tegak saat makan dapat mempengaruhi jumlah udara yang Anda telan. Hal ini dapat membantu mencegah penekanan pada perut sehingga mengurangi kemungkinan risiko sendawa.

6. Kelola stres

Ternyata, stres juga menyebabkan sendawa karena mengganggu pencernaan. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan latihan pernapasan dalam, meditasi, dan yoga. Selain itu, Anda juga perlu menemukan cara untuk mengatasi stres.

7. Hindari makan berlebihan

Hindari konsumsi makan berlebihan yang membuat perut Anda menjadi terlalu kenyang. Hal itu dilakukan untuk menghindari gangguan pencernaan dan penumpukan gas yang membuat Anda sendawa terlalu sering. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan secara bertahap dimulai dari mengurangi porsi makan, mendengarkan isyarat rasa lapar dan kenyang untuk menghindari makan berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro