Ilustrasi kulit merah
Health

Tipe-Tipe Eksim, Penyebab dan Gejalanya

Salma Permata Dewi
Selasa, 20 Juni 2023 - 13:26
Bagikan

5. Neurodermatitis

Neurodermatitis mirip dengan dermatitis atopik yang menyebabkan bercak tebal dan bersisik muncul di kulit, seperti lengan, kaki, belakang leher, kulit kepala, telapak kaki, punggung tangan, atau alat kelamin. Rasanya bisa sangat gatal terutama saat sedang tidur dan bisa berdarah atau terinfeksi jika digaruk. Neurodermatitis biasanya diderita orang yang memiliki eksim atau psoriasis jenis lain. Stres bisa menjadi pemicunya.

6. Eksim nummular

Jenis eksim ini menyebabkan munculnya bintik-bintik berbentuk koin di kulit. Eksim nummular terlihat sangat berbeda dari jenis eksim lainnya dan bisa sangat gatal atau bersisik. Hal yang memicu munculnya eksim ini adalah reaksi gigitan serangga atau reaksi alergi terhadap suatu zat. Kulit kering juga bisa menjadi faktor penyebabnya.

7. Dermatitis stasis

Dermatitis stasis terjadi ketika cairan bocor dari pembuluh darah yang melemah ke kulit. Cairan tersebut menyebabkan pembengkakan, kemerahan pada kulit terang, keunguan pada kulit gelap, gatal, dan nyeri. Dermatitis stasis terjadi pada orang yang memiliki masalah aliran darah di kaki bagian bawah. Berikut gejala-gejala dari eksim ini.

- Bagian bawah kaki membengkak, terutama pada siang hari saat berjalan.
- Kaki terasa sakit atau berat.
- Varises
- Luka terbuka di kaki bagian bawah dan di bagian atas kaki

8. Eksim tangan

Eksim yang hanya menyerang tangan disebut eksim tangan. Jika sering memegang bahan-bahan kimia, Anda mungkin bisa terkena eksim tangan. Gejala-gejalanya seperti tangan menjadi merah, hiperpigmentasi, gatal, kering, dan lecet. Eksim tangan dipicu oleh paparan bahan kimia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro