Hollywood
Entertainment

Larangan Bagi Pekerja Seni Hollywood saat Mogok Kerja SAG-AFTRA

Mutiara Nabila
Senin, 17 Juli 2023 - 19:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Para artis Hollywood melakukan aksi mogok kerja yang dilakukan oleh para anggota Screen Actors Guild - American Federation of Television and Radio Artists (SAG-AFTRA).

Ada sejumlah hal yang dilarang dilakukan oleh mereka, apa saja?

Melansir Entertaintment Weekly, para pekerja yang terlibat untuk tampil di depan kamera, mengerjakan film, tayangan televisi, dan konten digital, mereka tidak boleh berakting, menyanyi, menari, melakukan aksi stunt, bahkan menjadi pilot pesawat di depan kamera, bekerja sebagai dalang, atau terlibat dalam pekerjaan terkait pertunjukan. 

Pekerjaan-pekerjaan yang dilarang tersebut juga termasuk menjadi pemeran pembantu, stand-in, atau menjadi pemeran pengganti.

Pekerjaan di balik layar yang mendukung sebuah pertunjukan juga dilarang, termasuk looping, menayangkan trailer dan promo TV dan teatrikal, akting suara, menyanyi, narasi, dan koordinasi pemeran pengganti.

Tak ketinggalan, pekerjaan praproduksi juga terdampak dari aksi ini, termasuk untuk fitting baju, tes wardrobe, tes riasan, pelatihan, tes kamera, scanning, wawancara, dan audisi. Di sisi pers dan promo, sebagian aktivitas juga dilarang.

Para aktor juga tidak diperbolehkan berpartisipasi dalam kegiatan promosi untuk pekerjaan di bawah kontrak, termasuk perjalanan pers, tampil personal, wawancara, konferensi, jumpa fan, festival televisi dan film, acara FYC, panel, pemutaran perdana, acara penghargaan, junket, penampilan podcast, media sosial, dan pameran studio.

Para aktor juga tidak bisa menyetujui kontrak kerja di masa mendatang, atau kontrak dagang di bawah kontrak dengan Aliansi Produsen Film dan Televisi (AMPTP).

Meskipun banyak proyek yang akan tertunda karena para aktor masuk dalam daftar piket aksi ini, para anggota SAG-AFTRA masih boleh megerjakan proyek dengan produksi di luar AMPTP.

Mereka juga masih diperbolehkan untuk melanjutkan pekerjaan sebagai pemeran opera sabun, reality show, morning shows, talk shows, variety shows, dan game shows, serta kerja serikat pekerja dalam iklan, video musik, video perusahaan atau pendidikan, dan siaran berita, karena termasuk dalam kontrak yang berbeda. Para Aktor juga dapat menjadi pembawa acara atau tampil di podcast.

Aksi mogok di Hollywood kali ini bukan yang pertama. Pada tahun 2022, para bintang iklan melakukan aksi mogok selama enam bulan, terlama dalam sejaha SAG-AFTRA.

Sebelum itu, SAG juga pernah melakukan aksi mogok pasa tahun 1980-an. Pada 1986, ada aksi mogok yang hanya berlangsung selama 14 jam, dan pada 1980 terjadi aksi mogok selama tiga bulan.

Namun, terakhir kali aktor dan penulis naskah ikut aksi mogok bersama adalah pada 1960. Aksi tersebut dipicu oleh penayangan film di televisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro