Asparagus/Istimewa
Health

6 Sayuran Tinggi Purin, Penderita Asam Urat Harus Hindari

Mia Chitra Dinisari
Senin, 31 Juli 2023 - 11:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penderita asam urat disarankan untuk menghindari makanan dengan kandungan purin tinggi.

Purin adalah molekul yang terdiri dari atom karbon dan nitrogen, dan molekul ini ditemukan dalam DNA dan RNA sel.

Dalam tubuh manusia, purin dapat dibagi menjadi dua kategori:

1. Purin endogen

Sekitar 2/3 purin dalam tubuh bersifat endogen. 1 Purin ini diproduksi oleh tubuh manusia dan ditemukan di dalam selnya. Sel-sel tubuh selalu dalam keadaan mati dan diperbarui, 2 dan purin endogen dari sel-sel yang rusak, sekarat, atau mati harus diproses oleh tubuh.

2. Purin eksogen

Purin yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan disebut purin eksogen. Purin ini dimetabolisme oleh tubuh sebagai bagian dari proses pencernaan.

Ketika purin endogen dan eksogen diproses di dalam tubuh, mereka menghasilkan produk sampingan yang disebut asam urat. Biasanya, sekitar 90% asam urat diserap kembali ke dalam tubuh, dan sisanya diekskresikan melalui urin dan feses. 3

Purin dan Hiperurisemia

Jika jumlah purin dalam tubuh tidak seimbang dengan kemampuan tubuh untuk mengolahnya, asam urat yang terlalu banyak dapat menumpuk di aliran darah tubuh. Kondisi ini disebut hiperurisemia.

Pada beberapa orang, hiperurisemia dapat menyebabkan batu ginjal atau menyebabkan kondisi peradangan sendi yang disebut gout. Banyak orang lain dengan hiperurisemia tidak memiliki tanda atau gejala—dokter menyebut kondisi ini hiperurisemia asimtomatik.

Sejumlah makanan termasuk sayuran mengandung purin tinggi dan bisa menyebabkan asam urat.

Maka dari itu, untuk penderita asam urat, sebaiknya hindari beberapa jenis sayuran berikut ini:

1.  Asparagus

Ini adalah sayuran yang memiliki kadar kalium dan folat tinggi. Asparagus bisa dikonsumsi baik dingin atau panas. Akan tetapi, asparagus adalah salah satu sayuran yang perlu dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi. Dalam asparagus, terdapat sekira 23 gram purin di setiap 100 gram sayuran ini. Oleh karena itu, sebaiknya hindarilah asparagus agar tidak memicu asam urat dalam tubuh.

2.  Bayam

Bayam adalah sayuran yang sangat lazim dikonsumsi oleh orang-orang di Indonesia. Selain mudah diolah, bayam terkenal memiliki gizi tinggi seperti vitamin C, flavonoid, zat besi, beta karoten, dan luteins. Akan tetapi, sayangnya penderita asam urat harus menghindari bayam karena memiliki kandungan purin yang tinggi. Dalam setiap 100 gramnya, terkandung sekira 57 gram purin.

3.  Kembang Kol

Ini adalah sayuran yang biasanya hanya menjadi pelengkap di setiap hidangan seperti capcay atau masakan lainnya. Kembang kol adalah salah satu sayuran yang perlu dihindari oleh pengidap asam urat karena memiliki 23 gram purin di setiap 100 gramnya.

4.  Jamur

Jamur memang sangat lezat karena sifatnya yang fleksibel sehingga bisa menjadi campuran di banyak hidangan. Akan tetapi, bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit asam urat, perlu untuk menghindari jamur. Jamur memiliki kandungan purin yang cukup tinggi dalam setiap porsinya. Meski terkadang jamur menjadi pengganti daging merah sebagai protein utama, sebaiknya tetap dihindari mengonsumsi jamur demi mencegah terjadinya asam urat.

5.  Melinjo

Jika dikonsumsi secara berlebihan, melinjo bisa menjadi pemicu penyakit asam urat. Melinjo memiliki kandungan purin tinggi yakni terdapat 150 miligram purin di setiap 100 gram.

6.  Buncis

Buncis menjadi salah satu sayuran yang sangat populer di Indonesia karena bisa diolah menjadi sedemikian rupa seperti aneka tumisan dan menjadi bahan pelengkap. Meskipun sejatinya memiliki banyak manfaat untuk tubuh, buncis perlu dihindari bagi penderita asam urat. Buncis dikenal memiliki fruktosa tinggi yang bisa menjadi pemicu asam urat. Maka itu, sebaiknya hindari mengonsumsi buncis bagi Anda penderita asam urat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro