Tomat/Istimewa
Health

Makanan yang Ampuh Mengurangi Peradangan Secara Alami

Maretha Uli Hutagalung
Selasa, 15 Agustus 2023 - 18:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Peradangan atau inflamasi adalah sistem pertahan tubuh saat terjadi infeksi oleh bakteri atau virus dan saat bagian tubuh mengalami cedera. Meskipun demikian, peradangan bisa terjadi selama beberapa hari tanpa adanya infeksi atau luka.

Saat peradangan terjadi bukan karena infeksi atau cedera, peradangan tersebut menjadi penyakit tersendiri. Peradangan bisa menyebabkan perasaan tidak enak badan hingga mengarah ke kondisi yang lebih serius.

Beberapa penyakit yang berkaitan dengan peradangan kronis adalah penyakit jantung, diabetes, depresi, hingga Alzheimer’s.

Mengatasi peradangan bisa dilakukan melalui obat-obatan. Namun, radang juga bisa disembuhkan secara alami menggunakan berbagai jenis makanan yang memiliki efek anti-inflamasi, seperti dikutip dari Harvard School of Public Health (15/8/2023).

Dilansir dari berbagai sumber (15/8/2023), berikut adalah makanan yang ampuh mengurangi peradangan secara alami:

1. Tomat

Tomat secara alami mengandung likopen dan juga kaya akan vitamin C. Kandungan ini bermanfaat untuk mengurangi peradangan.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung oleocanthal, senyawa yang memiliki efek yang sama dengan obat anti-inflamasi seperti ibuprofen. Mengonsumsi minyak zaitun dalam jumlah wajar bisa menjadi cara mengurangi peradangan secara alami.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau kaya akan nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Kandungannya ini bisa menghalau peradangan sekaligus meningkatkan imun dan kesehatan secara umum. Sayuran hijau yang bagus dikonsumsi adalah bayam, kale, brokoli, dan sawi.

4. Kacang

Kacang-kacangan seperti almond dan kacang kenari adalah sumber lemak nabati dan antioksidan. Kacang-kacangan ini bisa membantu tubuh secara alami mengurangi peradangan.

5. Ikan

Ikan yang mengandung banyak lemak seperti salmon, ikan kembung, dan sarden kaya akan asam lemak omega-3. Kandungan ini bisa membantu mengurangi peradangan dan mengurangi risiko penyakit kronis akibat peradangan.

6. Berbagai Macam Buah

Beberapa buah memiliki khasiat anti-inflamasi, seperti stroberi, bluberi, rasberi, ceri, dan jeruk. Buah-buahan ini kaya akan antioksidan dan bisa meningkatkan fungsi imun tubuh.

7. Kunyit

Kunyit adalah bahan pangan yang kaya akan Curcumin yang memiliki kandungan anti-inflamasi dan antioksidan. Mengonsumsi sedikit kunyit yang dicampurkan ke dalam makanan atau minuman berkhasiat meredakan peradangan dan bengkak pada tubuh.

8. Jahe

Jahe mengandung Gingerol, senyawa yang mampu meredakan peradangan dan menghalau radikal bebas. Jahe bisa dikonsumsi dalam bentuk teh seduhan atau dikonsumsi langsung.

Selain mengonsumsi makanan anti-inflamasi, Anda juga bisa menjaga pola makan dengan mengurangi makanan yang justru memperburuk peradangan.

Makanan yang sebaiknya dihindari selama peradangan adalah karbohidrat olahan seperti roti, gorengan, soda dan minuman manis, daging merah olahan, dan margarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro