Pesawat luar angkasa milik SpaceX meluncur dari Pangkalan Udara Cape Canaveral di Florida, AS./Bloomberg
Travel

Liburan Mewah Kalangan Berduit dan Risikonya

Redaksi
Minggu, 20 Agustus 2023 - 07:30
Bagikan

Dilansir dari Daily Times, penerbangan ke luar angkasa berlangsung selama 90 menit, dimulai dengan peluncuran dari 9,4 mil (15 km) di atas Bumi dari pesawat pengangkut. Ketinggian itu lebih tinggi dari  ketinggian pesawat komersial pada umumnya yang hanya delapan mil (12 km). 

Pesawat dan awak kemudian akan naik hingga 50 mil (80 km) di atas Bumi, ketinggian suborbital, yang berarti mereka akan mencapai tepi ruang angkasa tanpa benar-benar pergi ke orbit. Setelah pesawat ruang angkasa mencapai tepi ruang, dia akan melayang di tempat selama lima menit untuk membiarkan penumpang merasakan gravitasi nol dan pemandangan luar angkasa dan Bumi yang fantastis dari susunan jendela di atap dan sisi pesawat.

Namun, sekali lagi, tur mahal dan ini memiliki risiko. Maka, pengelola tur mengharuskan penumpang menandatangani surat pernyataan mengakui risiko dalam tur luar angkasa karena industri ini tidak memiliki peraturan pemerintah.

Seperti yang terjadi pada penumpang kapal wisata OceanGate. Mereka secara tidak langsung menandatangani surat siap mati.

Setahun sebelum meluncurnya pesawat wisata luar angkasa milik Virgin Galactic, bisnis pariwisata ruang angkasa milik Jeff Bezos, Blue Origin, telah menyelesaikan penerbangan wisata luar angkasa kelima pada Sabtu (4/6/2022) waktu setempat, dengan mengirim enam awak ke tepi luar angkasa dan mendarat di Texas, Amerika Serikat.

Penerbangan kelima itu seharusnya dilakukan pada 20 Mei, tetapi ditunda karena menurut perusahaan sistem cadangan roket New Shepard disebut “tidak memenuhi harapan”.

Menurut The Verge, awak pesawat untuk penerbangan kelima termasuk Evan Dick, seorang insinyur dan investor, yang sebelumnya pernah terbang ke luar angkasa pada misi awak ketiga Blue Origin. Selain itu, YouTuber Katya Echazarreta yang menjadi perempuan kelahiran Meksiko pertama yang terbang ke luar angkasa.

Pada Maret 2022, penerbangan keempat Blue Origin telah dilakukan dan mendarat dengan sukses di Texas sebelah Barat, membawa enam penumpang untuk perjalanan 10 menit ke tepi luar angkasa.

“Merupakan suatu kehormatan untuk menerbangkan kru khusus penjelajah dan perintis sejati hari ini. Setiap misi adalah kesempatan untuk memberikan enam orang lainnya pengalaman yang mengubah hidup menyaksikan keindahan dan kerapuhan planet kita dari luar angkasa,” kata Wakil Presiden Senior untuk New Shepard Phil Joyce, dikutip dari Reuters pada Minggu (5/6/2023).

Penerbangan roket New Shepard berlangsung sekitar 10 menit mulai dari lepas landas hingga mendarat. Misi berawak ini mencapai ketinggian sekitar 350.000 kaki (106 km), membuat penumpang mengalami beberapa menit tanpa bobot sebelum turun kembali ke bumi.

Dilansir dari TS2 Space, Blue Origin menawarkan berbagai layanan, mulai dari penerbangan suborbital hingga peluncuran orbit. Biaya layanan ini bervariasi tergantung pada kebutuhan dan anggaran individu.

Untuk penerbangan suborbital, Blue Origin biasanya mengenakan biaya sekitar US$200.000–US$300.000 atau sekitar Rp3–4,5 miliar per orang. Biaya ini sudah termasuk penerbangan satu jam dan program persiapan tiga jam.

Bagi mereka yang ingin pergi ke orbit, layanan peluncuran orbit Blue Origin berkisar antara US$50 juta hingga US$100 juta atau sekitar Rp1,5 triliun per orang. Ini termasuk program pelatihan tiga bulan dan misi dua minggu di luar angkasa.

Selain Blue Origin dan Virgin Galactic, SpaceX meluncurkan tiga pengusaha kaya dan astronot pendamping mereka untuk berwisata ke stasiun luar angkasa internasional pada Jumat (8/4/2022) untuk masa tinggal lebih dari seminggu.

Ini penerbangan charter pribadi pertama SpaceX ke laboratorium yang mengorbit setelah dua tahun membawa astronot ke sana untuk NASA.

Mereka membayar US$55 juta atau sekitar Rp770 miliar per orang untuk naik roket dan akomodasi, termasuk semua makanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Penulis : Redaksi
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro