Ilustrasi/Reallyree
Health

Bolehkah Keramas Saat Menstruasi?

Redaksi
Senin, 21 Agustus 2023 - 14:22
Bagikan

Bisnis.com – JAKARTA, Mencuci rambut selama siklus menstruasi menjadi pertanyaan yang sering diajukan kaum wanita.

Bisakah mencuci rambut selama siklus menstruasi? Apakah ada efek samping jika mencuci rambut selama siklus menstruasi?

Selama siklus menstruasi banyak kegiatan yang dilarang oleh orang tua dahulu salah satunya larangan mencuci rambut, karena dianggap dapat mempengaruhi peluang kehamilan. Sebagian besar wanita juga berpikir mencuci rambut selama siklus menstruasi akan menyebabkan kerontokan rambut.

Benarkah larangan tersebut ? Untuk mengetahui kebenaran larangan tersebut, simaklah artikel berikut.

Dikutip melalui laman Healthshots.com (21/08/2023) menuliskan menurut Dr Tanya Narendra dengan akun instagramnya Dr Cuterus, mencuci rambut selama siklus menstruasi tidak memiliki efek samping. Artinya larangan mencuci rambut selama siklus mentruasi yang akan membawa efek samping bagi tubuh hanya sebuah mitos. Hal tersebut menjadi kesalahpahaman umum yang harus dibenarkan.

Dilansirkan cambiowoman.com (21/08/2023) mengungkapkan kebenaran tentang mencuci rambut selama siklus menstruasi, berikut fakta-fakta yang dapat menghilangkan keraguan kamu mencuci rambut selama siklus mentruasi:

1. Mencuci Rambut Selama Menstruasi tidak Mempengaruhi Durasi atau Keteraturan Siklus Menstruasi.

Aliran air saat mencuci rambut tidak memiliki pengaruh langsung pada hormon atau pelepasan pelapisan rahim. Jadi jangan ragu untuk mencuci rambut secara berkala, sebanyak yang kamu suka, dengan cara apa pun yang kamu suka tanpa khawatir akan mengganggu siklus menstruasi.

2. Kram Menstruasi Tetap Tidak Berubah.

Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukan bahwa mencuci rambut selamat menstruasi dapat memperburuk kram menstruasi. Kram menstruasi disebabkan oleh kontraksi rahim, bukan karena air yang menyentuh rambut atau kulit kepala. Jika kamu mengalami ketidaknyamanan, itu tidak ada hubungannya dengan rutinitas perawatan rambut. Untuk mengatasi kram menstruasi, air hangat dapat memberikan efek menenangkan.

3. Tidak Ada Kekhawatiran Rambut Rontok.

Yakinlah, mencuci rambut selama siklus mentruasi tidak menyebabkan kerontokan rambut . Kerontokan rambut dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti genetika dan perubahan hormon. Kadar hormon banyak berubah selama siklus menstruasi. Akibatnya, tubuh Anda dapat menghasilkan lebih banyak testosteron yang dapatmenghasilkan rambut berminyak, berminyak, dan lengket, kulit kepala teriritasi atau sensitif dan rambut menipis atau rontok.

4. Kebersihan Diri.

Menjaga kebersihan yang baik sangat penting selama siklus mentruasi termasuk menjaga kebersihan rambut. Kebersihan rambut yang tepat membantu menghambat pertumbuhan bakteri atau jamur yang lebih sering terjadi selama menstruasi. Ini akan menambah kepercayaan diri selama siklus mentruasi.

5. Perawatan Diri.

Penting untuk diingat, perawatan diri tidak dibatasi oleh mitos atau tabu selama siklus mentruasi. Mencuci rambut adalah pilihan pribadi yang harus didorong oleh kenyamanan diri. Buatlah keputusan tentang tubuh kamu, termasuk rutinitas perawatan rambut selama siklus mentruasi. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro