Ilustrasi perempuan mengalami gejala asam lambung/Freepik
Health

Ini Perbedaan Sesak Napas Karena Jantung dan Asam Lambung Naik

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 3 September 2023 - 11:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu hambatan utama dalam pengobatan penyakit jantung adalah ketidakmampuan mengidentifikasi gejalanya.

Tanda-tanda utama serangan jantung disalahartikan dengan asam lambung.

Banyak orang yang menghubungkan sensasi terbakar di dada, dengan makanan terakhir yang Anda makan.

Keasaman terasa seperti sensasi terbakar di dada, begitu pula serangan jantung. Gejala kedua penyakit ini, yang satu dapat dicegah dan yang lainnya berakibat fatal. Keduanya saling tumpang tindih sehingga sulit bagi orang untuk membedakannya.

Saat asam lambung naik, Anda merasakan sensasi terbakar di dada, terutama di perut bagian atas. Biasanya diikuti dengan rasa asam atau rasa pahit yang tidak biasa di mulut. Ciri khas dari keasaman adalah menyebabkan regurgitasi, suatu kondisi dimana sejumlah kecil isi lambung kembali ke mulut.

Pada serangan jantung, Anda akan merasakan nyeri dada seperti diremas atau nyeri dada yang tertekan.

Ciri penting serangan jantung adalah nyeri yang menjalar dari dada hingga leher, rahang, dan punggung. Tanda-tanda serangan jantung lainnya adalah nyeri pada perut, sesak napas, keringat dingin, dan pusing.

Rasa sesak di dada terjadi karena aliran darah ke jantung tidak mencukupi dan nyeri ini disebut angina. Nyeri dada yang terjadi setelah aktivitas fisik lebih mungkin disebabkan oleh serangan jantung.

Selain asam lambung, ada beberapa jenis nyeri dada lain yang terasa seperti serangan jantung. Kejang otot di kerongkongan kemungkinan besar akan menyebabkan nyeri yang terasa seperti serangan jantung.

Mereka yang mengidap penyakit kandung empedu juga merasakan nyeri menjalar di area perut yang juga terasa seperti serangan jantung.

Jika Anda mengalami nyeri dada segera setelah aktivitas fisik atau stres, segera ambil tindakan dan pergi ke dokter. Bila Anda merasakan nyeri di dada menjalar ke arah tangan, mulut, dan punggung, segera pertolongan medis.

Jika Anda belum makan sebelum rasa sakit itu timbul, kemungkinan besar itu adalah serangan jantung. Jika Anda mengalami kesulitan bernapas, kemungkinan besar Anda juga mengalami serangan jantung.

Selain itu, jika Anda tidak bisa memahami rasa sakitnya dan tidak bisa mengetahui apa itu rasa sakit, jangan tunda lagi dan segera periksakan ke dokter.

“Dalam skenario kehidupan nyata, ada banyak gejala yang tumpang tindih antara gejala-gejala kondisi ini. Oleh karena itu, setiap kali pasien mengalami gejala-gejala ini, konsultasi EKG dan Jantung sangat disarankan. Sebaiknya jangan melakukan kesalahan demi keselamatan. Jika EKG Pertama normal, EKG ulang harus dilakukan setelah 10 menit. Pada saat yang sama, Enzim Jantung harus dikirim. Serangan jantung positif hanya "disingkirkan" bila EKG pada jam 12 normal, dan enzim tidak normal. Ini disebut "triase nyeri dada", kata Dr. Kaushal Chhatrapati, Ahli Jantung Intervensi Senior dilansir dari Times of India.

Dia memaparkan serangan jantung adalah penyamaran yang hebat. Banyak nyawa yang hilang jika "keasaman" tanpa penyebab apa pun tidak diselidiki seperti yang dijelaskan di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro