Kopi Luwak/kemenparekraf
Kuliner

10 Makanan Paling Mahal di Dunia, Kopi Luwak Salah Satunya

Redaksi
Senin, 4 September 2023 - 11:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Makanan merupakan salah satu kebutuhan yang tidak bisa dijauhkan dari manusia.

Meskipun makanan adalah kebutuhan hidup, namun bagi sebagian orang, makanan juga bisa menjadi sebuah kemewahan.

Apa yang menyebabkan harga bahan makanan tinggi? Biasanya, hal ini disebabkan oleh kelangkaan. Beberapa buah dan sayuran hanya dapat tumbuh di daerah yang sangat spesifik, sehingga pasokannya terbatas.

Hidangan tertentu juga dapat memiliki harga yang sangat mahal karena menggunakan komponen atau elemen yang tidak umum dalam pembuatannya.

Mengutip dari beberapa sumber, Senin (4/9/2023), berikut adalah 10 makanan termahal di dunia.

1. Almas Caviar

Kaviar adalah salah satu makanan mewah yang berasal dari telur ikan. Almas Caviar berasal dari telur ikan sturgeon beluga albino betina yang berusia 100 tahun dan ditemukan di bagian Laut Kaspia yang paling tidak terkontaminasi.

Almas Caviar dijual seharga US$34.500 (Rp525 juta) per kilogram. Kelangkaan spesies ikan sturgeon dan lamanya waktu yang dibutuhkan ikan ini untuk menjadi dewasa dan bertelur adalah alasan makanan ini dijual dengan harga yang tinggi.

Kaviar ini juga disimpan dalam kaleng emas 24 karat sehingga meningkatkan daya tariknya yang mewah.

2. Saffron

Saffron adalah rempah berbentuk benang halus tipis berwarna merah yang berasal dari bunga Crocus sativus. Cara menanam dan panennya yang rumit adalah alasan rempah ini menjadi salah satu makanan termahal di dunia.

Harga saffron berkisar antara US$10 (Rp152.430) dan US$20 (Rp304.886) per gram. Saffron biasanya ditanam di Iran dan merupakan bahan yang umum digunakan dalam masakan Spanyol, Iran, Maroko dan India.

3. Daging sapi Kobe

Kobe adalah jenis daging sapi yang berasal dari sapi Wagyu. Untuk dapat dianggap sebagai Kobe, sapi harus dilahirkan, dibesarkan, dan diproses di Prefektur Hyogo, Jepang Barat. Sapi-sapi ini diberikan makanan yang kaya akan biji-bijian untuk menambah kandungan lemak dan teksturnya yang lembut.

Di Amerika Serikat, harga daging sapi Kobe bisa mencapai US$25 (Rp381.107) hingga US$50 (Rp762.215) per ons atau lebih di restoran. Daging sapi Kobe memiliki keunikan dan ciri khas berupa urat putih lemak yang menjalar di seluruh daging, yang terbentuk dari pakannya yang kaya akan biji-bijian.

4. Tuna Bluefin

Tuna Bluefin atau tuna sirip biru adalah bahan utama untuk membuat sushi dan sashimi di Jepang. Rasa yang kaya, seperti mentega, dan kandungan lemak yang tinggi pada ikan ini membuatnya menjadi spesies tuna yang cukup digemari banyak orang.

Karena popularitasnya di seluruh dunia, penangkapan ikan yang berlebihan di Samudra Atlantik, Pasifik, dan Hindia membuat tuna sirip biru kini menjadi spesies yang terancam punah.

Harga tuna sirip biru dapat bervariasi sesuai dengan ukuran ikan, daerah tempat ikan itu dijual, dan permintaan konsumen. Di Tokyo pada bulan Januari 2023, seekor tuna sirip biru seberat 212 kg terjual dalam sebuah lelang seharga US$273.000 atau setara dengan Rp4 miliar per kilogram.

Satu porsi tuna sirip biru terkadang bisa mencapai beberapa ratus dolar di restoran kelas atas, terutama jika disajikan dalam bentuk sushi atau sashimi.

5. White Truffle

White truffle adalah makanan mewah yang sangat dicari karena kelezatannya. Namun, truffle ini hanya tumbuh di wilayah Piedmont, Italia, dan hanya tersedia selama beberapa bulan setiap tahunnya.

Karena populasinya yang langka, satu ons White truffle bisa dijual mencapai lebih dari US$250 (Rp3 juta).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro