Kopi Luwak/kemenparekraf
Kuliner

10 Makanan Paling Mahal di Dunia, Kopi Luwak Salah Satunya

Redaksi
Senin, 4 September 2023 - 11:45
Bagikan

6. Edible Gold Leaf

Edible gold leaf sering kali diletakkan pada kue atau kue kering untuk aplikasi dekoratif dan dapat dimakan selama mengandung 22 hingga 24 karat.

Lembaran emas yang dapat dimakan tidak memiliki rasa dan mengandung sejumlah kecil perak yang terbentuk secara alami. Lembaran emas yang dapat dimakan dijual mulai dari US$169 (Rp2 juta).

7. Kopi Luwak

Kopi luwak dibuat dari biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak atau musang kelapa. Di dalam saluran pencernaan luwak, biji kopi difermentasi dan diuraikan, kemudian kopi dipanen dari kotoran luwak, dicuci bersih, dan dipanggang.

Karena kelangkaan dan metode produksinya yang unik, kopi luwak memiliki harga yang tinggi. Untuk satu cangkir minuman kopi luwak kisaran harganya mulai dari Rp100.000 dan untuk harga bubuk atau biji kopi per kilogramnya dijual mulai dari Rp1 juta.

8. Elvish Honey

Elvish Honey adalah madu yang berasal dari Turki dan menjadi madu termahal di dunia dengan harga mencapai US$6.800 (Rp103 juta) per gram. Madu ini diperoleh dari gua sedalam 1.800 meter di kota Artvin di Lembah Saricayir.

Namun, madu ini tidak melibatkan peternak lebah ataupun sarang lebah, melainkan diproduksi secara alami melalui lebah yang mengumpulkan serbuk sari dari bunga-bunga liar di hutan sekitar dan kemudian mengubahnya menjadi cairan di dalam gua. Hal inilah yang menjadi alasan madu ini dijual dengan harga yang tinggi.

9. Iberico Ham

Iberico Ham atau Jamon Iberico adalah sebutan untuk daging ham yang terbuat dari babi Spanyol. Ham ini berasal dari kaki belakang babi hitam yang dimatangkan selama 24 hingga 36 bulan dan diproduksi di Portugal dan Spanyol. Setelah diproses, dagingnya diasinkan, dikeringkan, dan didiamkan hingga tiga tahun.

Karena lama proses pengolahannya, satu kaki Iberico Ham (13 hingga 17 pon) dapat dijual antara US$500 (Rp7 juta) hingga US$4.500 (Rp68 juta).

10. Semangka Densuke

Semangka Densuke atau yang juga dikenal sebagai semangka hitam, adalah buah langka dan unik yang hanya tumbuh di pulau Hokkaido di Jepang utara. Semangka ini dikenal karena kulitnya yang hitam, daging buahnya yang merah segar, dan rasa manisnya yang luar biasa.

Melon ini ditanam di tanah vulkanik Hokkaido yang kaya akan mineral dan nutrisi. Mereka membutuhkan iklim yang sejuk dan banyak air untuk tumbuh subur. Semangka Densuke dipetik langsung ketika sudah matang, kemudian dicuci dan dikemas untuk dikirim.

Semangka ini dijual dengan harga yang mahal karena setiap tahunnya semangka ini hanya ditanam sebanyak 10.000 buah. Semangka ini biasanya dijual dengan harga sekitar US$250 (Rp3 juta), namun pernah terjual di lelang dengan harga lebih dari US$6.000 (Rp91 juta). (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro