Ilustrasi perempuan memainkan gadget karena insomnia/Freepik.com
Health

Lelah Tetapi Tidak Bisa Tidur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Redaksi
Senin, 25 September 2023 - 14:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tubuh yang lelah membutuhkan waktu istirahat yang cukup, tetapi banyak diantaranya susah tidur saat lelah.

Dilansir Health (25/9/2023) kurang tidur dapat menimbulkan dampak buruk, baik secara fisik maupun emosional. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), kurang tidur telah dikaitkan dengan banyak kondisi kesehatan kronis, termasuk depresi, obesitas, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Oleh karena itu, setiap orang harus memperhatikan kualitas tidurnya.

Namun, bagaimana dengan orang yang tidak bisa tidur saat merasa lelah? Hal ini menjadi penting bagi Anda untuk mengetahui dan memahami penyebab serta cara mengatasi kendala tersebut mulai dari diri sendiri hingga dari lingkungan.

Simak berikut penyebab susah tidur dan cara mengatasi susah tidur

Penyebab Susah Tidur 

1. Stres dan Kecemasan

Stres mental atau kekhawatiran tingkat tinggi sering kali menyebabkan kesulitan tidur. Saat Anda merasa kewalahan secara emosional, sistem saraf Anda tetap waspada.

Pikiran yang berlomba-lomba mengenai tanggung jawab, konflik, masalah keuangan atau pemicu stres lainnya menghalangi Anda untuk melepaskan diri dari pikiran sadar cukup lama hingga tertidur. Insomnia yang disebabkan oleh stres ini membuat Anda tetap terjaga bahkan ketika tubuh Anda sangat membutuhkan istirahat.

2. Konsumsi Kafein, Nikotin atau Alkohol

Mengonsumsi zat perangsang seperti kafein atau nikotin menjelang waktu tidur mengganggu kemampuan Anda untuk tertidur.

Kafein dalam kopi, teh, soda dan minuman berenergi merupakan senyawa anti tidur yang kuat. Efek stimulasi kafein dapat bertahan selama beberapa jam setelah dikonsumsi, sehingga mencegah timbulnya tidur saat lelah.

Meskipun alkohol pada awalnya menyebabkan kantuk karena efek obat penenangnya, namun saat dimetabolisme di malam hari, alkohol justru membangunkan Anda. 

3. Penggunaan Alat Elektronik Sebelum Tidur

Paparan cahaya terang dari layar ponsel, tablet, TV dan komputer menekan pelepasan melatonin alami tubuh Anda. Sekresi melatonin inilah yang memberi sinyal pada otak Anda bahwa sudah waktunya untuk tidur. Cahaya dari perangkat menipu otak Anda untuk berpikir bahwa ini masih siang hari, sehingga sulit tertidur bahkan ketika kelelahan.

Stimulasi mental dan keterlibatan dari konten media di perangkat juga membuat pikiran Anda tetap aktif dibandingkan beralih ke kondisi santai untuk tidur.

4. Lingkungan Tidur yang Mengganggu

Aspek lingkungan tidur Anda seperti kebisingan, cahaya, suhu yang tidak nyaman dan tempat tidur yang buruk semuanya dapat mengganggu kemampuan Anda untuk tertidur ketika Anda merasa lelah.

lingkungan tidur berisik bikin insomnia
lingkungan tidur berisik bikin insomnia

5. Obat Yang Mengganggu Tidur

Obat resep tertentu diketahui menyebabkan insomnia dan gangguan tidur sebagai efek sampingnya. Ini termasuk steroid, stimulan untuk ADHD, beta blocker, SSRI dan beberapa diuretik.

Obat-obatan yang dijual bebas seperti antihistamin tertentu, dekongestan hidung, pereda nyeri dan pil diet mengandung stimulan yang juga dapat mengganggu tidur.

6. Jadwal Tidur Tidak Teratur

Jadwal tidur yang tidak konsisten dari hari ke hari mengganggu ritme sirkadian alami yang mengatur perasaan kantuk.

Ketika waktu tidur dan bangun Anda sangat bervariasi antara akhir pekan, hari kerja dan harian, jam biologis Anda menjadi kacau. Hal ini membuat isyarat tidur lebih sulit untuk diterapkan dengan benar, bahkan ketika Anda merasa benar-benar lelah.

7. Kondisi Kesehatan yang Mendasari

Berbagai masalah kesehatan dapat menyebabkan sulit tidur meski kelelahan. Ini termasuk:

• Kondisi nyeri kronis

• Gangguan neurologis seperti Alzheimer atau Parkinson

• Masalah kesehatan mental seperti kecemasan, depresi, atau ADHD

• Gangguan pernafasan seperti sleep apnea atau asma

• Penyakit refluks gastroesofageal (GERD)

• Hipertiroidisme

• Sindrom kaki gelisah

• Masalah saluran kencing seperti pembesaran prostat.


8. Kebiasaan Tidur yang Buruk

Praktik tidur tertentu yang tidak sehat melemahkan kemampuan Anda untuk segera tertidur ketika lelah. Misalnya menghabiskan waktu berlebihan di tempat tidur sambil menonton TV, makan, membaca atau menggunakan ponsel.

cara  mengatasi insomnia
cara mengatasi insomnia

Cara Mengatasi Insomnia dan Susah Tidur

Setelah mengetahui penyebabnya, untuk mengatasi kesulitan tidur saat lelah, lakukan hal berikut:

• Optimalkan Lingkungan Tidur

Pastikan tempat tidur Anda sejuk, tenang dan 100% gelap atau sebisanya dan senyaman yang kamu rasakan.

• Meningkatkan Ritme Waktu Tidur

Pertahankan waktu tidur dan bangun yang konsisten, batasi tidur siang hari hingga 30 menit, hindari layar sebelum tidur, buat rutinitas sebelum tidur yang menenangkan dan tidurlah saat mengantuk daripada kelelahan.

• Teknik Relaksasi

Istirahatlah dengan berlatih pernapasan dalam, meditasi, yoga lembut atau berdoa sebelum tidur untuk menenangkan pikiran, mengurangi kecemasan dan mempersiapkan tubuh Anda untuk tidur.

• Batasi Kafein dan Alkohol

Hindari kafein selama 6-8 jam dan alkohol 2-3 jam sebelum tidur, karena dapat berdampak negatif pada kualitas dan kontinuitas tidur. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro