Kopi dan teh/istimewa
Health

7 Makanan dan Minuman yang Bisa Sebabkan Dehidrasi

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 3 Oktober 2023 - 15:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tubuh manusia terdiri dari 65 hingga 75 persen air. Tanpa air, tubuh manusia tidak dapat berfungsi dengan baik.

Mengonsumsi air yang cukup adalah kunci untuk tetap terhidrasi. Namun, kurangnya asupan air bukan satu-satunya penyebab dehidrasi.

Beberapa makanan, jika dikonsumsi secara berlebihan, juga dapat menyebabkan dehidrasi. Pasalnya, selain dapat memicu rasa haus, berbagai jenis makanan tersebut juga dapat mendorong keinginan untuk lebih sering buang air kecil.

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat memicu dehidrasi.

1. Kopi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kopi dapat menyebabkan dehidrasi. Hal ini dikarenakan kopi yang bersifat diuretik.

Mengonsumsi kopi lebih dari dua cangkir dapat menghambat reabsorpsi natrium dalam tubuh dan dapat menyebabkan dehidrasi parah. Oleh karena itu, jika mengonsumsi kopi Anda perlu meningkatkan asupan mineral tubuh untuk mencegah ketidakseimbangan karena kehilangan cairan.

2. Alkohol

Sama seperti kopi, alkohol juga mengandung diuretik alami. Dalam rentang waktu semalam setelah mengonsumsi alkohol, tubuh akan mengalami dehidrasi karena alkohol menguras air dalam sel tubuh, yang dapat menyebabkan sakit kepala keesokan harinya.

3. Makanan manis

Baik dibuat dengan gula rafinasi atau pemanis buatan, makanan penutup seperti biskuit, kue, es krim, dan lainnya dapat menyebabkan dehidrasi.

Hal ini karena gula tambahan akan menyebabkan tubuh mengeluarkan cairan yang benar-benar dapat merampas cadangan air dalam tubuh.

4. Makanan asin

Makanan asin dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan karena air dibutuhkan untuk menghilangkan semua natrium ekstra yang secara alami yang ada pada garam.

Makanan seperti kecap, popcorn, sosis, dan gorengan, yang mengandung garam tinggi harus dikonsumsi dengan hati-hati. Makanan lain yang mungkin mengandung natrium tinggi termasuk makanan cepat saji, makanan kaleng atau beku, bumbu, dan saus salad.

5. Teh hijau

Baik atau tidaknya mengonsumsi teh hijau untuk tubuh tergantung pada jumlah teh hijau yang dikonsumsi dan jumlah kafeinnya.

Jika Anda meminum satu teko penuh teh hijau, manfaat teh tersebut tidak akan terserap dengan baik oleh tubuh Anda. Hal justru akan membuat Anda lebih sering mengosongkan kandung kemih dan dapat menyebabkan dehidrasi.

6. Makanan ringan

Makanan ringan, seperti kentang goreng, keripik kentang, dan aneka jenis gorengan, umumnya mengandung banyak garam atau natrium. Asupan garam yang tinggi ini bisa menyebabkan produksi urine meningkat dan membuat Anda lebih sering buang air kecil. Hal ini membuat Anda berisiko mengalami dehidrasi.

7. Kecap asin

Kecap asin yang ditambahkan pada makanan untuk meningkatkan cita rasanya bisa jadi tidak baik untuk tubuh. Alasannya adalah karena sebagian besar kecap asin adalah campuran garam dan gula. Hal ini dapat mengganggu tingkat elektrolit dalam tubuh Anda. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro