Earphone yang digunakan jangka panjang bisa merusak telinga dan saluran pendengaran anak
Health

Bahaya Earphone Dapat Merusak Pendengaran Anak

Redaksi
Sabtu, 14 Oktober 2023 - 13:41
Bagikan

Penggunakan earphone dan headset juga dapat menimbulkan masalah psikologis bagi anak, mempengaruhi interaksinya dengan teman, pembelajaran dan perhatiannya di sekolah, serta di masyarakat pada umumnya. Namun ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk memastikan pendengaran anak tidak rusak.

Simak langkah-langkah berikut: 

1. Pertimbangkan berapa lama anak menggunakan earphone baik di rumah maupun di sekolah. Direkomendasikan tidak lebih dari 60 menit per hari dengan volume 60% dari volume maksimum. 

2. Jika perangkat memiliki kunci volume, kuncilah pada sekitar 60% dari volume maksimum sehingga anak tidak dapat melampaui level tersebut. 

3. Pertimbangkan lingkungan tempat anak mendengarkan, jika sepi sebaiknya mereka menggunakan earbud. Di lingkungan yang bising, gunakan earphone over-ear yang pas dan mengurangi kebisingan latar belakang dan memungkinkan mereka mendengar dengan jelas pada volume yang lebih rendah.

4. Jika anak memakai earphone, harap pastikan mereka tetap aman karena mereka akan kurang menyadari apa yang terjadi di sekitar mereka.

5. Pertimbangkan untuk membeli earphone khusus anak-anak yang memiliki batas level maksimum. Mereka akan memastikan bahwa anak tidak melebihi level yang ditentukan oleh produsen.

6. Pertimbangkan untuk mengunduh aplikasi perlindungan pendengaran yang memungkinkan mengontrol paparan dan periode pendengaran anak Anda dari jarak jauh. (Maria Elfika Simplisia)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro