Icon Sunsuria bersama dengan Island Hospital buka pusat kanker pertama di Malaysia/Icon Sunsuria
Health

Island Hospital dan Icon Sunsuria Dirikan Pusat Kanker untuk Pasien di Asia Tenggara

Restu Wahyuning Asih
Kamis, 19 Oktober 2023 - 19:46
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Icon Sunsuria mengumumkan kemitraan dengan Island Hospital, dengan membuka pusat kanker pertama di Penang, Malaysia.

Direncanakan, pusat perawatan kanker ini bisa memberikan pelayanan perawatan kanker komprehensif dengan fasilitas kelas dunia bagi pasien di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) melaporkan bahwa dari 166.000 pengunjung medis di Penang, tercatat sekitar 90% merupakan warga Indonesia.

Penang Global Tourism menyebutkan bahwa wisatawan Indonesia yang terbang ke Penang tahun lalu berasal dari Banda Aceh, Medan, Jakarta, dan Surabaya, dan lainnya.

Adapun kemitraan ini menggabungkan keahlian Icon Group dalam onkologi, termasuk lebih dari 300 dokter, 50 pusat kanker, dan 5 fasilitas pembuatan obat kemoterapi.

Hal ini didukung oleh kekuatan dan pengetahuan Sunsuria Healthcare tentang jaringan lokal dan lanskap kesehatan, untuk meningkatkan spesialis medis yang diakreditasi secara internasional.

"Misi utama dari Icon Sunsuria adalah menjadikan perawatan kanker yang canggih dapat diakses dengan pendekatan yang komprehensif dan berfokus pada pasien," ujar Serena Wee, Chief Executive Officer Icon ASEAN dan Hong Kong dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (19/10/2023).

Serena pun berharap kerja sama ini dapat membantu mengurangi kesenjangan dalam akses perawatan kanker dan mengatasi beban kesehatan.

"Melalui kerjasama ini, kami akan memberdayakan pasien dan keluarga mereka dengan pengetahuan dan sumber daya dalam perjuangan melawan kanker serta membuat langkah-langkah penting menuju keberhasilan untuk sembuh (survivorship)," lanjutnya.

Di sisi lain, Chief Executive Officer Island Hospital Mark Wee mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan komitmen berani dari Island Hospital untuk lebih mengembangkan onkologi sebagai salah satu pilar keunggulan medis mereka.

"Dengan memanfaatkan kehadiran dan kekuatan di kawasan Asia Pasifik, kami berkomitmen memberikan keunggulan unik bagi masyarakat Indonesia, sekaligus memajukan sektor pariwisata medis yang berkembang pesat di Malaysia ke level berikutnya,"

Untuk diketahui, Island Hospital berdiri pada 1996, di mana rumah sakit ini dikenal sebagai institusi perawatan kesehatan dengan 600 tempat tidur dan telah diakreditasi secara internasional.

Island Hospital pun mendapat kehormatan menjadi satu-satunya rumah sakit di Penang yang masuk dalam daftar Kementerian Kesehatan Malaysia untuk Flagship Medical Tourism Hospital Programme (FMTH) yang prestisius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro