Pengeroposan tulang (osteoporosis)/Istimewa
Health

Hari Osteoporosis Sedunia 20 Oktober 2023, Inilah Tema, Sejarah dan Tips Kesehatan Tulang

Redaksi
Jumat, 20 Oktober 2023 - 12:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Hari Osteoporosis Sedunia diperingati setiap tanggal 20 Oktober dengan berbagai kampanye kesadaran dan kegiatan untuk mempromosikan diagnosis dini osteoporosis, pengobatannya dan tips untuk tulang yang kuat.

Peringatan dan kampanye berfokus mendorong masyarakat untuk mengambil tindakan pencegahan demi kesehatan tulang mereka dan menghindari risiko osteoporosis serta komplikasi terkait dalam berjalannya usia.

Tema Hari Osteoporosis 2023 dan Sejarahnya 

Dilansir Pace Hospital (20/10/2023) pada tahun 2023 ini, Tema Hari Osteoporosis Sedunia adalah “ Build Better Bones ” (Membangun tulang yang Lebih Baik) yang bertujuan untuk pentingnya menjalani gaya hidup sehat tulang sebagai landasan bagi masa depan tulang yang kuat dan bebas patah tulang.

Hari Osteoporosis Sedunia pertama kali diperingati pada tanggal 20 Oktober 1996, yang diselenggarakan oleh Persatuan Osteoporosis Nasional Inggris bekerja sama dengan Komisi Eropa. Selanjutnya pada tahun 1997 International Osteoporosis Foundation (IOF) menyelenggarakan Hari Osteoporosis Sedunia (WOD).

Sejak awal, berbagai organisasi telah mendukung hari ini dan pada tahun 1998 dan 1999, Organisasi Kesehatan Dunia ikut mensponsori hari tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan osteoporosis dan penyakit tulang metabolik. Pada tahun 1999, Hari Osteoporosis Sedunia pertama kali diperingati dengan tema “Deteksi Dini”.

Tips Menjaga Kesehatan Tulang 

Dilansir berbagai sumber, berikut tips menjaga kesehatan tulang.

1. Latihan Teratur/Olahraga 

Pastikan latihan pergerakan tulang dan otot setiap hari, untuk itu latihan menahan beban, penguatan otot dan latihan keseimbangan adalah rekomendasi olahraga yang tepat.

Studi pada anak-anak menemukan bahwa hal ini meningkatkan jumlah tulang yang terbentuk selama tahun-tahun puncak pertumbuhan tulang. Ini juga dapat membantu mencegah pengeroposan tulang pada orang dewasa yang lebih tua. Latihan kekuatan meningkatkan massa otot dan dapat membantu melindungi dari pengeroposan tulang pada wanita muda dan tua.

2. Nutrisi

Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi kesehatan tulang seperti kalsium, vitamin D dan makanan kaya protein. 

Selain itu, berjemur setiap hari untuk mendapatkan vitamin D juga membantu penyerapan kalsium dalam tubuh dengan lebih baik.

Vitamin D dan vitamin K penting untuk membangun tulang yang kuat. Vitamin D membantu tubuh Anda menyerap kalsium. Orang dengan kadar vitamin D yang rendah cenderung memiliki kepadatan tulang yang lebih rendah dan lebih berisiko mengalami pengeroposan tulang dibandingkan orang yang mendapatkan cukup vitamin D.

3. Gaya Hidup

Melarang gaya hidup beracun dan negatif, menghindari gaya hidup sedentary dan mengonsumsi makanan sehat & seimbang untuk menjaga BMI yang baik, hindari rokok dan konsumsi alkohol berlebihan.

4. Pertahankan Berat Badan yang Stabil dan Sehat

Menjaga berat badan yang sehat dapat membantu menunjang kesehatan tulang. Berat badan rendah merupakan kontributor utama berkurangnya kepadatan tulang dan pengeroposan tulang pada orang lanjut usia.

Obesitas juga dapat mengganggu kualitas tulang dengan meningkatkan risiko patah tulang akibat stres terkait berat badan. Ketahuilah, berulang kali menurunkan dan menambah berat badan juga dapat melukai tulang.

5. Pengujian dan Pengobatan

Jika ada keraguan atau faktor risiko, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter dan mendapatkan diagnosis serta pengobatan dini.

Selain itu, ikutilah juga tips diet berikut yang juga baik untuk kesehatan tulang.

• Memiliki cukup makanan kaya kalsium

• Makan daging dan makanan berprotein tinggi 

• Memiliki makanan kaya fosfor

• Memiliki makanan kaya magnesium

• Menambahkan vitamin K 

• Konsumsi bayam dan makanan lain yang mengandung oksalat (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro