Gejala demensia sering dialami oleh lansia./AgingCare
Health

3 Aktivitas Sederhana yang Dapat Meningkatkan Fungsi Kognitif pada Lansia

Mia Chitra Dinisari
Senin, 30 Oktober 2023 - 09:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa bermain golf 18 lubang atau berjalan kaki sejauh 6 km dapat meningkatkan fungsi kognitif langsung pada orang lanjut usia.

Sedangkan jalan Nordik dan jalan kaki teratur meningkatkan fungsi eksekutif.

Memainkan satu putaran golf 18 lubang atau menempuh jarak 6 km dari jalan Nordik atau jalan kaki biasa dapat secara signifikan meningkatkan fungsi kognitif langsung pada orang dewasa yang lebih tua, menurut sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam BMJ Open Sport & Latihan Kedokteran.

Sebuah tim peneliti internasional, yang terdiri dari Universitas Eastern Finland, Universitas Edinburgh, dan ETH Zürich, berusaha mengungkap dampak langsung dari tiga aktivitas aerobik spesifik yang menuntut kognitif terhadap kognisi dan respons biologis terkait pada peserta yang lebih tua dan sehat.

Penelitian ini melibatkan 25 pegolf tua yang sehat, berusia 65 tahun ke atas, yang berpartisipasi dalam tiga latihan aerobik akut yang berbeda: putaran golf 18 lubang, sesi jalan Nordik sejauh 6 km, dan sesi jalan kaki reguler sejauh 6 km.

Setiap latihan dilakukan dalam lingkungan kehidupan nyata, dengan peserta mempertahankan kecepatan khas mereka, seperti jalan cepat.

Fungsi kognitif dinilai menggunakan Trail-Making Test (TMT) A dan B, alat yang banyak digunakan untuk mengevaluasi fungsi kognitif pada orang dewasa lanjut usia. Tes TMT-A mengukur fungsi kognitif yang lebih rendah, seperti perhatian dan kecepatan pemrosesan, sedangkan tes TMT-B mengukur fungsi eksekutif yang lebih menuntut seperti kemampuan mengalihkan tugas.

Selain itu, sampel darah dikumpulkan untuk mengukur kadar faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF) dan cathepsin B (CTSB).

Keduanya diduga mencerminkan manfaat olahraga pada otak. Peserta juga memakai perangkat pemantauan kebugaran untuk mencatat data spesifik olahraga seperti jarak, durasi, kecepatan, pengeluaran energi, dan langkah. Sensor EKG dengan tali dada digunakan untuk memantau detak jantung.

Studi tersebut menunjukkan bahwa satu sesi dari tiga latihan – golf 18 hole, jalan Nordik 6 km, atau jalan kaki teratur 6 km – meningkatkan fungsi kognitif bawah yang diukur dengan tes TMT-A pada orang dewasa yang lebih tua, meskipun tidak signifikan. efeknya terlihat pada tingkat BDNF dan CTSB.

Selain itu, jalan kaki Nordik dan jalan kaki teratur dikaitkan dengan peningkatan fungsi eksekutif yang diukur dengan tes TMT-B.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan potensi manfaat kognitif dari latihan aerobik akut, dengan faktor-faktor seperti intensitas, durasi, dan jenis latihan mempengaruhi tingkat perbaikan.

“Temuan ini menggarisbawahi pentingnya latihan aerobik yang sesuai dengan usia, seperti golf, jalan Nordik, dan jalan kaki teratur, dalam menjaga dan meningkatkan fungsi kognitif di kalangan orang dewasa yang lebih tua. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa olahraga juga menjanjikan sebagai strategi potensial bagi mereka yang mengalami penurunan kognitif,” kata Julia Kettinen, penulis pertama artikel tersebut dan Peneliti Doktor dalam Kedokteran Olahraga dan Latihan di Institute of Biomedicine, University of Eastern Finland.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro