Ilustrasi migrain atau sakit kepala/mims.com
Health

Simak 7 Tips dan Trik Menghilangkan Sakit Kepala Tanpa Obat

Novita Sari Simamora
Selasa, 7 November 2023 - 11:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sakit kepala bisa ditangani dengan beberapa tips dan trik, tanpa perlu obat. Namun, Anda perlu melakukan beberapa aktivitas di bawah ini. 

Sakit kepala sangat erat kaitannya dengan kondisi pikiran, permasalahan, stres, dehidrasi, dan banyak orang yang lebih memilih memakan obat dari warung untuk mengobati sakit kepala dengan cepat. Namun, sebaiknya hindari bekerja hingga larut malam.

Dilansir dari healthline, Selasa (7/11/2023), simak cara menghilangkan sakit kepala:

1. Terapi pijat

Pijatan cukup ampuh untuk menyembuhkan sakit kepala. Terkadang sakit kepala disebabkan oleh ketegangan pada tubuh bagian atas, akibat ketegangan otot. Sakit kepala juga disebabkan oleh postur tubuh yang buruk atau rutinitas olahraga yang ketat.

Terapi pijat mungkin dapat mengurangi nyeri kronis serta meredakan ketegangan otot penyebab sakit kepala. Luangkan waktu untuk mencari di Google tentang teknik memijat yang baik.

2. Kompres 

Untuk sakit kepala karena ketegangan otot, maka Anda bisa kompres menggunakan air hangat atau bisa juga menggunakan es batu, sesuai dengan keinginan Anda. Tips, masukkan es ke dalam kantong plastik yang dilapisi kain tipis agar tidak melukai kulit Anda. 

Letakkan kompres es di dahi dan/atau pipi Anda, di mana pun sumber rasa sakit terbesar berada. Pastikan untuk membatasi pengaplikasian cold pack tidak lebih dari 10 menit setiap kalinya.

Untuk porsi panas, Anda bisa membeli heat pack di sebagian besar toko obat, atau membuatnya sendiri menggunakan nasi panas. Ambil sarung bantal kecil atau sepotong kain dan isi sekitar dua pertiganya dengan nasi panas. Tempelkan ke bagian belakang leher atau dahi Anda untuk meredakan panas.

cara menghilangkan sakit kepala
cara menghilangkan sakit kepala

3. Aromaterapi

Aromaterapi dapat memicu respon positif dan bahkan penyembuhan di otak. Beberapa aroma dilaporkan dapat menenangkan dan mengurangi timbulnya sakit kepala. Ini termasuk ekstrak peppermint, kayu putih, dan minyak lavender. Bahan-bahan ini tersedia di banyak toko makanan kesehatan setempat atau online.

4. Akupunktur

Akupunktur melibatkan penerapan jarum halus dan tajam ke area utama tubuh sebagai sarana untuk meningkatkan aliran energi. Dilansir dari National Institutes of Health, telah terbukti mengurangi frekuensi dan keparahan sakit kepala. Namun, sebaiknya pergilah ke ahli yang profesional dan ke dokter untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu.

5. Latihan pernapasan

Latihan pernapasan baik untuk meredakan ketegangan. Ketegangan dapat diredakan dengan latihan pernapasan teratur yang membantu memfokuskan pikiran dan melemaskan otot-otot Anda.

Mulailah mencari tempat yang tenang dengan kursi yang nyaman di rumah, kantor, atau lokasi yang tenang, sehingga Anda tidak terganggu. Selanjutnya, ambil napas perlahan dan berirama, tarik napas selama lima detik, lalu keluarkan selama lima detik. Saat Anda rileks, ketegangan otot Anda berkurang.

Latihan pernapasan bisa meredakan sakit kepala
Latihan pernapasan bisa meredakan sakit kepala

6. Hidrasi

Kurang minum dapat menyebabkan sakit kepala, tetapi dapat dengan mudah dihindari. Minum segelas air putih dapat membantu sama seperti minuman yang mengandung elektrolit seperti Pedialyte, Gatorade, atau Powerade.

Namun selain ada minuman yang bisa mengurangi sakit kepala, ada juga minuman yang bisa memicunya. Minum terlalu banyak kopi atau terlalu banyak minuman ringan berkafein dapat menyebabkan sakit kepala.

7. Tidur

Ada banyak masalah kesehatan yang disebabkan oleh kurang tidur dan bila Anda tidak mendapatkan waktu tidur 6 jam sehari, maka itu bisa menyebabkan sakit kepala kronis. Namun mengetahui bahwa Anda membutuhkan lebih banyak tidur dan benar-benar mendapatkannya adalah dua hal yang berbeda.

Tetapkanlah jadwal tidur yang teratur. Hindari penggunaan handphone sebelum tidur, karena itu bisa mengganggu konsentrasi Anda saat tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro