Ilustrasi seseorang yang tidak bahagia/Freepik.com
Health

10 Kebiasaan Ini Bisa Mencegah Stres dan Depresi

Redaksi
Rabu, 8 November 2023 - 11:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Stres dan depresi yang dirasakan seseorang akan sangat mengganggu aktivitas setiap hari. 

Sebagian orang merasakan stres bisa menjadi acuan agar cepat mengerjakan sesuatu, tetapi stres juga bisa berdampak negatif bila sering terjadi, berkepanjangan atau dibiarkan tanpa penanganan.

Dikutip Web MD (8/11/2023) penelitian telah menemukan banyak masalah kesehatan yang berhubungan dengan stres. Stres tampaknya memperburuk atau meningkatkan risiko kondisi seperti obesitas, penyakit jantung, penyakit Alzheimer, diabetes, depresi, masalah pencernaan dan asma.

Agar stres tidak semakin berat atau menimbulkan masalah kesehatan, penting bagi setiap orang untuk bisa mengurangi dan mengendalikan stres dengan baik. Namun, tidak usah khawatir karena beberapa hal berikut ini bisa dilakukan untuk mengatasi stres.

Simak cara mengatasi stres dan depresi:

1. Tetap Bersosialisasi 

Bersosialisasi dapat meningkatkan mood Anda, maka jika tetap berhubungan dengan teman dan keluarga Anda memiliki seseorang untuk diajak bicara ketika Anda merasa sedih.

Dengan curhat, Anda bisa mendapatkan perspektif baru yang mungkin bisa membantu memecahkan masalah yang membuat stres. Percayalah, setelah semua keluh kesah dikeluarkan, perasaan Anda bisa menjadi jauh lebih baik.

2. Olahraga

Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, olahraga juga bisa meredakan stres dan olahraga dapat membantu meningkatkan mood Anda. Dengan berolahraga, tubuh akan melepas hormon endorfin yang bisa membuat Anda merasa lebih rileks dan suasana hati membaik. Selain itu, pikiran Anda juga dapat teralihkan dengan olahraga.

3. Hadapi Ketakutan

Jangan menghindari hal-hal yang menurut Anda sulit. Saat orang merasa sedih atau cemas, terkadang mereka menghindari berbicara dengan orang lain.

Beberapa orang mungkin kehilangan kepercayaan diri saat pergi keluar, mengemudi, atau bepergian. Hal ini terjadi maka Anda akan lebih stres dan depresi. Maka langkah yang paling tepat adalah tetap menghadapi dan lawan ketakutan dalam diri.


4. Jangan Minum Alkohol atau Konsumsi Obat-obatan 

Bagi sebagian orang, alkohol dan obat-obatan bisa menjadi jakan keluar,  biasanya sebagai cara untuk mengatasi atau menyembunyikan emosi. Namun alkohol dan obat-obatan tidak akan membantu Anda menyelesaikan masalah, tetapi bisa membuat Anda merasa lebih tertekan.


5. Makan-makanan Sehat

Beberapa orang merasa tidak ingin makan saat sedang depresi dan berisiko mengalami kekurangan berat badan.Antidepresan juga dapat memengaruhi nafsu makan Anda. Namun Anda harus tetap memperhatikan pola makan dengan tetap memberikan asupan bergizi pada tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro