Ubi jalar/wikipedia
Health

10 Makanan yang Bisa Bantu Cerahkan Kulit

Redaksi
Rabu, 8 November 2023 - 15:27
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Kulit yang sehat merupakan Impian banyak orang. Untuk mendapatkan kulit yang sehat tentu saja tidak bisa didapatkan secara instan. 

Selain melakukan perawatan kulit dari luar, mengikuti pola makan yang sehat sebagai upaya perawatan kulit dari dalam juga penting untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cerah.

Menggunakan produk perawatan kulit dapat mengatasi masalah kulit di permukaan kulit, tetapi dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang akan membuat kulit dan tubuh menjadi lebih sehat. 

Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah 10 makanan yang dapat membantu mencerahkan kulit:

1. Buah beri

Blueberry, stroberi, dan raspberry kaya akan antioksidan yang memerangi radikal bebas dan mengurangi kerusakan kulit. Hal ini dapat membuat kulit Anda tampak cerah.

2. Bayam

Sayuran hijau ini kaya akan vitamin A, C, dan E, yang dapat mendukung produksi kolagen dan meningkatkan kekencangan kulit. Kandungan ini juga dapat membantu perbaikan dan peremajaan kulit.

3. Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak sehat, vitamin E, dan biotin. Berbagai kandungan pada alpukat ini berguna untuk membuat kulit lebih halus dan kenyal. Alpukat juga mampu menjaga kelembapan kulit. 

4. Ubi jalar

Kaya akan beta-karoten, ubi jalar dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan memberikan kilau yang alami dan sehat.

5. Ikan salmon

Kaya akan asam lemak omega-3, salmon dapat membantu mempertahankan penghalang lipid pada kulit, menjaganya tetap terhidrasi dan mencegah kekeringan. 

Selain itu, salmon juga dapat mengurangi peradangan dan membuat kulit tampak segar.

6. Kacang almond

Almond baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Kacang ini mengandung vitamin E, yang melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya dan menjaga kulit tetap lembut dan bercahaya. 

7. Tomat

Tomat mengandung likopen, antioksidan yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit. Kandungan ini juga dapat membantu mempertahankan warna kulit yang merata.

8. Teh hijau

Kaya akan polifenol, teh hijau dapat membantu memerangi tanda-tanda penuaan dan mengurangi risiko kanker kulit. 

Selain itu, sifat anti-inflamasi yang dimilikinya dapat membantu menenangkan dan melindungi kulit.

9. Jeruk

Jeruk adalah sumber vitamin C yang luar biasa, yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan meminimalkan kerutan. Jeruk juga dapat membuat kulit tampak bercahaya.

10. Biji labu

Biji labu kaya akan seng, yang dapat membantu memperbaiki kulit dari kerusakan dan juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat menjaga keseimbangan serta kelembapan kulit. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro