Cara mengusir lalat/Freepik
Relationship

8 Cara Mengusir Lalat secara Alami dengan Gampang dan Ampuh

Hana Fathina
Senin, 6 Februari 2023 - 18:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kehadiran lalat di rumah tentunya sangat mengganggu. Karena serangga ini sering kali hinggap di tempat kotor dan menjadi media penyebaran penyakit. Untuk itu kamu perlu cara mengusir lalat. Selain membawa banyak kuman, lalat yang bertebaran di rumah menimbulkan kesan rumah kotor dan tidak terawat. 

Salah satu cara mengusir lalat adalah dengan rutin menjaga kebersihan rumah. Hal itu dikarenakan lalat tidak menyukai tempat bersih. Selain menjaga kebersihan, cara mengusir lalat juga bisa dilakukan dengan sejumlah bahan alami yang bisa ditemukan di rumah atau di pasaran. 

Berikut ini adalah beberapa cara mengusir lalat yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Cara Mengusir Lalat dengan bau yang dibenci lalat

Beberapa bau bisa digunakan untuk mengusir lalat. Bau ini berasal dari bahan alami yang tidak beracun dan beraroma sedap, sehingga aman digunakan di dalam rumah. Beberapa bau pengusir lalat tersebut antara kemangi, mint, cengkeh dan kayu manis. 

2. Cara Alami Mengusir Lalat dengan cuka apel

Cara membuatnya cukup mudah. Pertama masukkan beberapa makan sendok cuka apel, beberapa tetes sabun cuci piring, dan satu sendok makan gula ke dalam mangkuk. Lalu campurkan bahan-bahan tersebut dan letakkan di area yang sering dihinggapi lalat. 

3. Menghilangkan sumber makanan lalat

Lalat sangat senang dengan sisa makanan yang tidak dibereskan. Sisa makanan tersebut kemungkinan bersumber dari piring kotor di wastafel dapur, tempat sampah tidak tertutup, dan mangkuk makanan hewan peliharaan yang setengah kosong. 

4. Cara menghilangkan lalat dengan garam

Caranya cukup mudah, cukup siapkan garam dan taburkan pada tempat yang sering dihinggapi lalat, seperti dapur, meja makan atau tempat sampah. 

5. Cara Membasmi lalat dengan Menanam bunga lavender

Kamu hanya menempatkan beberapa bunga lavender ke dalam pot dan menyimpannya di sudut rumah yang banyak dihinggapi lalat. Sudah pasti cara mengusir lalat ini ampuh dan bisa mempercantik tampilan rumah kamu. 

6. Cara Mengusir Lalat dengan Menaburkan irisan daun pandan

Keampuhan daun pandan adalah aromanya yang tidak disukai lalat. Sehingga keberadaannya berfungsi untuk mengusir lalat agar keluar rumah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu menyiapkan beberapa helai daun pandan, mengiris hingga halus, menyimpannya di wadah seperti mangkuk atau piring lalu menyimpannya di tempat yang sering dihinggapi lalat. 

7. Cara Menghilangkan Lalat dengan kapur barus

Cara mengusir lalat dengan kapur barus cukup mudah hanya dengan melelehkan kapur barus di area yang sering dihinggapi lalat. Agar efektif, letakkan kapur barus di akses lalat masuk seperti pintu atau jendela. 

8. Cara Menghilangkan Lalat dengan Aroma irisan mentimun

Untuk memanfaatkannya cukup mudah. Potong timun hingga menjadi beberapa lembar dan posisikan di tempat yang sering dikunjungi lalat. Dijamin lalat dirumah kamu akan berkurang. 

Itulah beberapa cara mengusir lalat yang bisa kamu coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro